merpati warna kelabu 2

Cara Agar Merpati Giring Keras

Merpati giring keras adalah merpati yang mempunyai karaket galak dan tidak malas untuk membuat merpati giring keras ada beberapahal yang harus dilakukan. Tetapi sebelum itu ada hal yang perlu diketahui tentang merpati yang giring keras ini.

Penyebab Giring Keras

merpati-balap-300x225

Jika kita lihat ada beberapa merati yang malas, ada beberapa yang giring keras. Pernah memperhatikan burung pasar dan burung yang biasa main dilapak. Rata-rata burung lapak mempunyai giring yang bagus dibanding burung pasar, walau tidak menuntut kemungkinan burung pasar lebih bagus, tetapi disini saya bicara soal ‘kecenderungan’ jadi jangan berdebat tentang masalah ini. Dari pandangan saya, saya menyipulkan beberapa penyebab merpati giring keras.

1. Karakter

Karakter menempati posisi pertama dalam hal ini saya akumulasi sekitar 50%. Karakter ini didapat dari keturunan, jadi tidak bisa diubah bagaianapun caranya, kecuali sudah ditemukan ilmu untuk merubah karakter, dalam hal ini rekayasa DNA, tetapi mungkin cukup sulit dan hasilnya tidak sebanding dengan investasi yang dikeluarkan. Untuk mendapatkan karakter ini dimulai dengan indukan yang mempunyai karakter yang keras juga ‘ngokot’ biasanya burung trah mempunyai karakter ini.

2. Rawatan

Apalah arti karakter yang kuat tanpa rawatan yang bagus. Rawatan disini mempunyai porsi sekitar 30%. Rawatan disini adalah ketersediaan makanan yang baik dan lingkungan yang sehat. Apajadinya anak cerdas tetapi tidak didukung lingkungan dan makanan yang optimal? tentu ‘kecerdasan’ yang dimiliki akan menurun, bahkan hilang. Sama dengan burung juga seperti itu. Saat burung mendapatkan rawatan yang buruk maka akan menurunkan performa burung itu walaupun burung yang dimiliki mempunyai karakter giring keras. Bahkan bisa menghilangkan sifat giring kerasnya, atau biasanya disebut burung rusak.

3. Latihan

Saya mempunyai burung balap, karena saya sibuk dengan urusan kuliah walhasil dari lar sisa 3 sampai lar sisa 1 tidak pernah dilatih maupun di loop, tetapi saat saya liburan saya mencoba melatihnya, dan saya heran kenapa kualitas giringnya jelek, padahal keturunan dari burung ‘hebat’ (trah predator) saya latih loop sedikit demi sedikit, dan akhirnya karakter ‘galak’ nya keluar, kepakan yang keras, tembak tajem dan ngotot. Disini saya menyimpulkan bahwa perlu adanya latihan untuk ‘mengeuarkan’ karakter asli dari burung tersebut. Dalam hal ini saya beri porsi 20%.

Presentasi yang saya buat itu tidak pasti, karena saya hanya mengira-ngira, ditambah lagi jika ada faktor lain, saya hanya mencoba untuk mempermudah pemahaman dan membagi ilmu dengan para pemain merpati. Dan presentasi ini dalam kondisi ‘normal’ tidak ada faktorlain yang ikut campur.

Cara Agar Merpati Giring Keras

piyik-merpati-giring-keras-300x222

Oke setelah mengetahui apa penyebab merpati giring keras saatnya berbagi sedikit tips agar merpati kita bisa giring keras, diantaranya :

1. Pilih dari indukan bagus, ini tidak usah saya jelaskan 😛

2. Rutin latih burung, dan sabar jangan buru-buru dijauhkan saat mental masih kurang.

3. Beri rawatan yang bagus

4. Biarkan merpati ‘cemburu’ dengan mendekatkan ke merpati jantan lainnya saat latihan, ini biasanya saya lakukan untuk merpati piyik yang baru pertamakali latih, karena dengan membiasakan seperti ini asumsi saya si merpati akan ‘beranggapan’ si cewe sedang bermesraan dengan jantan lain dan akhirnya ngotot disetiap saat.

merpati-giring-keras-300x224

5. Berlakukan siklus giring yang benar agar merpati tidak rusak. baca : Siklus giring dan bertelur Merpati.

6. Beri suplemen tambahan jika dibutuhkan.

Untuk pemberian doping memang dapat emberikan efek ‘galak’ pada burung tetapi itu tidak permanen, karena burung akan menjadi ketergantungan dengan doping dan menjadi lemah tanpa doping. Latihlah fisik burung terlebih dahulu itu lebih baik.

7. Beri betina yang disukai merpati

Terkadnag ada juga merpati yang suka pilih-pilih betina. Nah saran saya coba carikan betina yang cocok dengan merpatinya. Betina yang cocok biasanya warnanya sama seperti warna induknya.

Related Posts
Agar Nafas Merpati panjang dan Kuat Saat Lomba
agar-nafas-merpati-panjang

Nafas Merpati Panjang - Nafas sangat vital fungsinya bagi setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup yang memerlukan energi pasti memerlukan Read more

Merpati Istirahat, Bagaimana & Kapan Waktunya?
merpati-istirahat

Merpati Istirahat - Istirahat bagi burung merpati yang dimainkan sangatlah penting. Selain untuk menghilangkan lelah setelah dimainkan juga bisa memperbaiki Read more

Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
mengawinkan-merpati-sedarah

Mengawinkan Merpati Sedarah - Ada beberapa teman yang bertanya pada saya, apakah mengawinkan burung merpati sedarah itu bagus? Ada juga Read more

Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual-ring-merpati-nama-atur-sendiri-murah-berkualitas

Jual Ring Merpati - Ring merpati atau cincin merpati adalah salah satu alat yang digunakan untuk memudahkan kita mengidentifikasi merpati Read more

Giringan A Giringan B, Apa Artinya?
giringan-a-giringa-b-pada-merpati

Giringan A Giringan B - Pernahkah teman-teman mendengar istilah ini pada permainan merpati? Atau mungkin pernah mendengar istilah ini saat ke Read more

Vitamin dan Suplemen Merpati Lomba Wajib
suplemen-dan-vitamin-merpati-balap

Vitamin dan Suplemen Merpati - Suplemen dan vitamin untuk merpati balap dan tinggi memang sifatnya pilihan, bisa diberikan ataupun tidak Read more

Makanan Burung Merpati Balap dan Tinggi
makanan-merpati-balap-dan-tinggi

Makanan Burung Merpati - Makanan adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh maklhluk hidup, tidak terkecuali burung merpati atau burung Read more

Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
memilih-merpati-yang-bagus

Memilih Burung Dara Bagus - Memilih burung dara tinggian yang bagus adalah salah satu tahap yang perlu dilakukan untuk mendapatkan Read more

Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
cara-berternak-merpati

Berternak Merpati - Dalam beternak merpati Apakah itu merpati balap atau merpati tinggian atau bulu merpati pos bahkan merpati hias pastinya Read more

Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
warna-merpati-unik

Warna Merpati Unik - Selain warna merpati normal seperti megan, tritis, blorok, gambir dan lainnya, selengkapnya baca : warna merpati. Read more

219 thoughts on “Cara Agar Merpati Giring Keras”

  1. merpati saya sudah giring.tetapi tidak mau kalo jarak jauh…..gimana ya cara nya agar merpati mau jarak jauh…tolong jawab.

    Reply
  2. mas tanya dong,burung dara saya tadinya udah giring keras,terus abis itu nelor,nah telornya itu saya pindah ke indukan lain, kok sekarang gak giring lagi ya? apa karna gak ada temen?

    Reply
  3. Mas Saya Punya Burung ,Burung Nya Baru Nelor Dan Dia Udh Ngeremin 1Minggu Tpi Pas Saya Tunggu 3 Hari Koq Gak Mao Giring Sie

    Reply
    • Saya punya burung 10 pasang 1 pasang nelor saya tunggu 1 minggu buat dia ngeram pas telur nya saya ambil saya taro di merpati lain yg giring tp gk nelor 2x malah di pecahin bukan di keramin kan buat pancingan

      Reply
    • Prosesnya lama om, biasanya 7 hari setelah kawin atau giring. Apalagi burung baru, perlu adaptasi, burung saya ada yang baru yang perlu waktu bulanan baru mau nelor

      Reply
  4. Burung saya ada 2 pasang cacad smw..1 pasang ga giring..pdhal dah giring kandang…betinanya 2 minggu gaya ngeram trs pdhal nelur aja blm..jantannya gamau sekandang lg..digalakkin trs!!sepasang lg saya baru beli,dipasar giring keras bgt..nyampe rumah jg msi saya maenin..3 hari saya tro sekandang..lsg dicuekin pas saya keplekin…untung masi bsa ditangkep..analisanya gmn master???

    Reply
    • Burung masih adaptasi om. Perlu pengenalan lingkungan apalagi burung baru. saya pernah ngalamin burung baru perlu adaptasi sekitar 2 bulanan kalo sudah adaptasi nanti juga bisa giring lagi baca siklus giring merpati dan perawatannya jgn same salah yah merpati disuruh giring terus.

      cewe gaya ngerem itu mudah bro sbnernya kalo punya telor pancingan. Kasih aja telor dari burung lain atau telor palsu di suruh ngerem nanti juga mau ngerem.

      Reply
    • Kayaknya banyak yg nanya gini yah nanti saya buat pembahasannya khusus. Biasanya merpati begitu karena stres om, entah tempat tinggal, makanan, ga ada temannya. Solusinya di umbar saja om biarin kawin atau pelihara lebih dari 1 pasang biar cepet adaptasi. Saya juga punya dulu 3 bulan baru mau giring karena burung baru dan belum adaptasi.

      Reply
  5. Gimanaya mas klo sayap merpati mau d kasih tumbuh d kasih obat apa, sya punya merpati bulu sayapnya tercabut banyak lagi tolong dijawab

    Reply
    • Mas merpati saya sudah giring tapi klo saya umpan pake betinanya kadang mau kadang ngak mau tapi kalou betinanya saya kasih dekat jantan lain jantan saya langsung terbang ke atas betinanya.mungkin baru giring stengah yah mas, gimana ya mas kalou merpati saya mau di kasih giring keras?? Diapain? Tolong dijawab secepatnya

      Reply
  6. Mas mau tanya . Burung saya kok kalo dikeplek uda mau nyamperin tapi kok pas dateng gak mau nunggangin betinanya ??. Iitu gimana mas.

    Reply
    • itu namanya masih mangkat om, belum ngeket bener. tapi bisa juga bawaan. tunggu beberapa hari atau latih terus dan jangan lupa di suruh bertelur setelah itu latih lagi

      Reply
  7. saya memiliki merpati yg ckp bgs, bgi yg tertarik salahkan beli :
    *bombom=1,5 jt
    *badu.r=500 rb
    *Atom=250rb
    *bolt=4,5 jt
    dan banyak lagi,yg berminat telpon ke no :081956350475

    Reply
  8. Mas punya burung sudag jadi terus nelor nh aku kan nda tau klo ada telornya terus saya ambil baru ku masukin baru itu telurnya ku keluarin ku tarokulkas ,besoknya burung ku langsung nda ngaret nh bagaimna caranya agar burung saya giring keras lagi ?

    Reply
  9. omm.. Sya pnya dara 1psng , udah sya piara 1 blan . Tapi kok malah jadi ga giring dan ga nelor2 yaa… Padahal pas sya beli giring keras..
    Sarannya om

    Reply
  10. Ka gi mana caranya burung saya kan udah giring terus habis bertelur udah gak giring lagi gimana cranya burung saya bisa giring lagi

    Reply
  11. omm.. Brung sya kan udah giring 5hri ,
    Nah pas pngen nelor dia mlah ngmplin srang digenteng tetangga sya,
    sya tangkep trus sya kandang’in lgi dah..
    Kira2 bsa nelor ga ?
    Saran’a omm…

    Reply
  12. mas,saya udh giring keras tapi kenapa tiap bertelur gk mau mengerami telur malah di biarin aj gtu.. gmn tuh mas solusinya..

    Reply
  13. kak burung dara saya pertama beli giring keras saat 10 hari kemudian gk giring lagi dan sampe sekarang gak giring kenapa kk ?
    udh 1 bulan tuh burung

    Reply
  14. om.. Brung sya dah giring 5 hari , harus’a kan udah nelor..
    Tapi kok mlah ga nelor2 ya, padahal udah gaya ngerem cwe’an nya..
    Sarannya omm…

    Reply
  15. Mas mau tanya,Burung saya udah bertelor bahkan telor nya udah menetas tapi kok pas saya coba jantan nya gk nyamperin ke betina nya pas saya coba dua kali jantan nya nyamperin ke betinanya besok nya saya coba kok gk bisa ya ? Perawatanya udah komplit dan saya coba agar giring keras berbagai cara udah saya lakuin tetapi tetep juga,Tolong di jawab ya mas

    Reply
  16. Min sya mau tanya. Burung saya baru nelor trus nanti mau saya cabut telor biar ga ngerusak giringnya harus nunggu 1 minggu dlu ya? Trus cara cabut telornya gmn langsung ambil aja dgn posisi burung sedang mengerami didlm kandang? Dan apa ga stres klw diambil pas dia lg di dlm kandang?

    Reply
  17. bang.. Brung sya kan lgi ngeloloh , piyiknya baru umur 3 minggu .
    Tapi koq brung yg lgi ngeloloh mlah nelor lgi yaa..
    trus piyiknya hrus sya pndahin appa biarin ajja..
    Sarannya bang.. 😀

    Reply
    • normal kok. bebas sih mau di biarin atau di cabut telornya juga ga masalah. kalo saya telornya di ambil saja karena anaknya takut ga keurus.

      Reply
  18. omm.. Kan brung sya lgi gring..
    Tpi koq pas sya latih , dia mlah trbng kmna tau yaa..
    Trus pas nebla (menclok dimna ajja ) kya bersin2 gtu..
    Kira2 ni brung ngapa omm..
    Mnta sarannya.. !!

    Reply
  19. Gan saya pnya megan cwenya tritis waktu saya beli giring ke keras tpi sekkaaran saya ssibuk sklh pas saya mainnin ehh girinng angkat, gimana mmas ya biiar girinng kerass lagi , tolonngg dijawab, mmkssh

    Reply
  20. gan, saya punya sepasang merpati hasil anakan dari indukan mata kuning, tapi kenapa sekarang anakan matanya hitam, dari rumor/mitos mata hitam kurang bagus ya gan? apa benar?

    Reply
    • kalo masih piyik matanya memang hitam semua, tapi nanti juga berubah warnanya. Warna mata hanya pigmen gan, tidak berpengaruh terhadap ketajamannya karena selama yang saya tahu tidak ada bukti ilmiahnya hanya mitos saja

      Reply
  21. Siklus giring paling lama 5 hari, kalo gk giring lagi biarin sampe bertelur, kalo udah ngerami sampe 1minggu petel telur/cabut telur pisahin sama induknya khusus burung lomba jangan sampe jadi anak kalo bisa pecahin telur ambil kuningnya saja kasih ke indukan nya

    Reply
  22. om orang mana ?
    om saya punya sepasang burung merpati tapi kenapa udh bertelor trus di cabut telornya tapi giring sih giring tapi nggak ngeket ,. kira kira berapa lama yah bisa ngeket lagi
    tolong jawab scptny

    Reply
    • bisa saja mas kalo dijodohkan dengan yg ngawininnya dan satu kandang. Merpati tau kandangnya biasanya 4-7 hari juga sudah tau

      Reply
    • Warna mata menurut saya tidk terlalu berpengaruh terhadap penglihatan, karena hanya pigmen warna saja. penglihatan di pengaruhi oleh kondisi mata, (katarak, ancu, minus, dll). saya ga bisa nyimpulin om karena harus dilihat langsung. Bisa jadi karena mata, bisa jadi juga karena sebab lainya.

      Reply
  23. Bang?Gua kan baru beli burung sepasang. Tuh burung giring keras banget bang. Kan udah 3Hari dirumah gua masih giring terus tuh bang. Pas keempat harinya masa ga giring lagih. Udah gamao nemplok lagih dicewenya. Ituh ngapa ya bang ko begituh? Sayang banget bang gua udah beli mahal mahal masa ga giring. Giring cuma 3hari doang,- solusinya dong bang

    Reply
  24. Om saya punya burung ppmbsi saya jodoin sama indukan biasa tapi sudah ngejodo tapi ga mau giring keras om baru minggu ngejodoin ny g mana om solusi ny om supaya giring keras

    Reply
  25. Om mau tanya lagi om g mana cara ny mengobati bengkak ke hijuwan pada sayap ny karena saat d terbangkn sayap ny terkilir jd sayap ny bengkak g mana yah om cara mengobati ny

    Reply
    • ngga om, kadang ada yg kecil menang kadang yg gede menang. tergantung proporsional tubuhnya bukan ukurannya. tpi saya lebih pilih yang sedang2 saja.

      Reply
  26. mas burung merpati saya kemarin saya umbar di belakang rumah tp pas saya mainin di tmpt kawan malah pulang ke rumah gmana cra ngatasinya biar merpati sya pulang ke betinanya bukan ke rumah

    Reply
  27. Bang kalo giringin burung masih beranca gimana bang? Umbar ajah ya bang? Gua ngeri ngikut ama burung orang. Gua tebar burung deket dia ajah ngikut. Terus gimana bang solusinya biar giring cewean?

    Reply
    • jodohin aja, terus biarin kawin, kalo bisa di kandang yang aga gede, dalemnya kasih gupon. tiap pagi jemur.

      Reply
  28. Om mau nannya om.burung saya abis saya sekap dikards.ttrus t keesokn paginya kok yg laki nya jalanya sempoyongan ya om.it knapa om???

    Reply
  29. Mau nnya lg om..burung sya yg laki kok bengkur nya jarang2 ya om ama si betina..pdhal betinanya mau.tp kok laki nya seperti kgak mau gitu om..mhon solusinya ny om,soalny gak giring2 ni om..
    .trus katanya sahang bisa buat giring jg ya om.?

    Reply
  30. kok burung dara sy saya pasukin kekandang duaduanya tapi yg lakinya malah nyotok nyotk leher cwnya apa itu proses pernikahan apa bukn

    Reply
  31. om toolong di jawab punnya sy sudah sanggan giring tpdia gk mau lg nempelke tangan buntutnya juga kecopot karna ketari gk sengaja

    Reply
  32. om burung sy sudah nelor telornya ada 2 passayamasukin ke andang beberapahari telornya pecah duaduanya itu bisa nelor lg apa ngak

    Reply
  33. om kayak mana ya supaya burung dara sy mau sanggan lg apa saya bekep lg om berapahari apa itu bisa sanggan lg

    Reply
  34. Mas .. merpatiku kembar jantan semua.. yg satu giring keras .. trus yg satunya tdk keras .. itu gimana mas cara mengatasinya ..

    Reply
  35. Om merpati saya udh giring tapi gk mau jika di keprek gk mau datang malah masuk kandang,udh itu betinanya lama kali om bertelurnya kenapa itu om

    Reply
  36. Om udh itu merpati betina saya di terbang kan gk bagus terbangnya om.udh itu kalau betina berjambul bagus gk om

    Reply
  37. Om gimana caranya ya supaya merpati ane bisa giring,,, soalnya ini sudah mau kawin tapi belom mau di geber,,, dan kasih trik rahasianya dong supaya bisa terbang kencang

    Reply
  38. Mas saya punya burung sepasang, tapi pas saya keplek, jantannya cuma ngeliat doang padahal udah dikawinin, gimna solusinya agar giring keras

    Reply
    • udah berapa lama burungnya dipelihara? cara meliharanya gimana? kalo pengen mudahnya sih umbar aja mas, kasih tempat dan makan yang baik. Insya allah nanti giring sendiri kalo sudah waktunya

      Reply
  39. Merpati saya udah saling ciuman tapi giringnya masih ragu ragu untuk terbang gimana caranya agar merpati saya itu nggak ragu ragu saat mau terbang ke betinanya

    Reply
  40. Mas saya punya 1jodoh burung merpati balap. Itu sudah giring pas saya coba keplek yg jantan gak mau nemplok ke betinanya. Caranya biar menilik ke betinanya gimana ya? Butuh jawaban

    Reply
  41. Saya beli merpati di pasar itu lumayan giring kras. Tapi pas di rumah 1 hari saya mainin sore harinya. Lalu besoknya gk mau giring lagi. Gimana biar bisa giring lagi om..??

    Reply
  42. Bang sy pnya brung nieh, kan pas cowoan nya di dalem dongdang cowoan nya ngeliatin tpi pas di luar maunya kabur mulu gimana itu bang???
    Bales yah, soalnya saya bingung banget!!!

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.