Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Cara Mengobati Tetelo pada Merpati

In Merpati, Penyakit 122359 views

Penyakit tetelo adalah penyakit yang mengerikan bagi player kita, karena penyakit ini sulit sekali untuk sembuh total, karena jika sudah sembuh burang rata-rata berkurang tingkat koordinasi pada syarafnya.

mengobati-tetelo

Tetelo atau Penyakit Newcastle (Newcastle Disease, ND) adalah penyakit pada unggas besar yang fatal (mematikan) berikut Cara Mengobati Tetelo pada Merpati.

Gejala Tetelo pada Merpati

gejala yang ditimbulkan tetelo biasanya

cara-mengobati-tetelo

  1. Gangguan pernapasan dan suara yang serak.
  2. Setelah itu 1 – 2 hari burung atau unggas yang terserang tetelo akan mengalami kelumpuhan atau tengleng.
  3. Atau kepala sering bergerakan memutar dari leher dan kepala burung, dikarnakan syaraf otot leher terserang virus ND.

Cara Mengobati Tetelo pada Merpati

Untuk mengobati tetelo pada merpati kita perlu super sabar, mungkin kata yang tepat bukanlah mngobati tetapi terapi tetelo pada merpati. Merpati biasanya terkena tetelo tidak secara langsung, melainkan tetelo adalah efek samping dari penyakit lainnya. Biasanya burung yang terkena telo adalah burung bekas sembuh dari goham yang parah. Baca : Cara mengobati penyakit goham.

Berikut langkah langkah yang harus dilakukan :

1. Yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan gizi merpati, karena merpati yang terkena telo atau tengleng dia tidak bisa makan sendiri, pertama kita loloh brg dengan phorr ayam 591 atau dengan bubur bayi yang beras merah karna pencernaan burung belum normal seperti biasa. Di usahakan burung jangan sampai basah di kepala dan leharnya yg bisa mengakibatkan burung  sakit lagi, beri minum dengan cara di spet.

alat-spet

2. Setelah asupan kita perhatikan selanjutnya kita lakukan terapi tahap pertama, yaitu kita cabut bulu leher keseluruhan untuk mencari darah yang mengendap di leher. Biasanya berwarna hitam bintik-bintik dileher, lalu tusuk leher/darah kotor yang mengendap tadi dengan jarum yang baru, terlebih dahulu streilkan jarum dengan membakarnya agar tidak terjadi infeksi yang berkelanjutan. Keluarkan darah yang mengendap tadi sampai bersih, lalu di lap dengan antiseptic seperti betadine. Lakukan seminggu 2 kali.

Baca Juga  Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang

3. Setelah di terapi sedot selesai kita beri obat MERTIGO 1/2 tabs sehari sekali tiap hari atau kapsida. Obat tersebut bisa dibeli di apotik.

mengapa kita pakai obat MERTIGO krn brg waktu sakit sampai telo ( celeng ) brg yg dia alami kepalanya pusing dan peredaran darah tidak lancar makanya kita pakai obat MERTIGO atau MERISLON obat yg berfungsi utk melancarkan peredaran darah.

4. Langkah terakhir yg kita lakukan dlm terapi. cukup kita beri MOLAKRIM atau COUNTERPAIN sambil kita urut lehernya dari atas ke bawah. biar semua urat yg kaku dan tertarik bisa kendur kembali. Hati hati dengan teknik ini.

merpati-tetelo

Upaya pencegahan Tetelo pada Merpati

Pencegahan telo yang bisa dilakukan adalah

  1. Pencegahan menggunakan vaksinasi ND.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh burung.
  3. Membersihkan kandang.
  4. Mengurangi intensitas kontak burung dengan burung luar
Artikel lainnya : obat merpati sakit tetelo, cara mengobati merpati telo, obat merpati telo, cara mengobati merpati tetelo, cara mengobati merpati tengeng, obat tetelo paling ampuh, obat merpati tetelo, obat merpati tengleng, obat tetelo untuk merpati, cara menyembuhkan merpati telo

no copyright audio, free for use, sources from private collections, groups, etc

Tags: #Merpati #ND #Pengobatan #Penyakit #telo #tetelo

Manfaat Bayclin Untuk Peternakan Sebagai Desinfektan dan Caranya
Manfaat Bayclin Untuk Peternakan Sebagai Desinfektan dan Caranya
Manfaat Bayclin Untuk Peternakan – Bayclin, bayclin
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati – Burung
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
Memilih Merpati Balap Berkualitas – Cara memilih
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara Bagus – Memilih burung
Mengobati Mata Katarak Pada Burung Kicau Alami Terbukti Ampuh
Mengobati Mata Katarak Pada Burung Kicau Alami Terbukti Ampuh
Mengobati Mata Katarak Burung Kicau – Pada umumnya
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Berternak Merpati – Dalam beternak merpati Apakah itu
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik – Selain warna merpati
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Kinerja Merpati Menurun – Barusan ada pesan masuk
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati – Kesempatan kali
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Merpati – Setelah sebelumnya
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Bagi Merpati – Menjaga kesehatan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Memelihara Kesehatan Merpati – Musim pancaroba yaitu
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap – Permainan
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Mengganti Pasangan Merpati – Sebagai penghobi merpati
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Merpati balap leonard – Bagi para pemain
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pemberian jamu merpati – Dunia adokan merpati
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut bulu ekor merpati – Dalam memelihara
Memperbaiki Bulu Merpati yang Kusut, Rusak dan Kusam
Memperbaiki Bulu Merpati yang Kusut, Rusak dan Kusam
Bulu merpati yang kusut – Semua pemain
Cara Membuat Grit (Asinan) Merpati
Cara Membuat Grit (Asinan) Merpati
Membuat grit (asinan) merpati – Grit atau
Penyebab dan Solusi Telur Merpati Tidak Menetas
Penyebab dan Solusi Telur Merpati Tidak Menetas
Telur merpati tidak menetas – Dalam melakukan
  1. beben3 years ago

    obat nya apa

    Reply
  2. mas yono3 years ago

    obatnya,sekedar berbagi pengalaman pribadi,15 merpati saya serentak kena,alhamdulillah tinggal 6 yang masih 70%.makannya pakai br1 dan madu dikasih air diaduk ,dan pakai selang dengan suntikan besar,kalau siang dijemur,carikan lebah dan sengatkan pada leher,3 hari sekali.semoga tertolong

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      thanks mas sharingnya. mantapp

      Reply
  3. Kukuh2 years ago

    Merpati piyik saya kejatuhan benda terus lehernya tengkleng, gimana cara obatinny?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      wah perlu di urut kalo gitu sih. bukan penyakit dalam tapi krna benturan itu.

      Reply
  4. khotibul umam2 years ago

    alu punya merpati kipas habis dipancal kucing lalu kepalanya tengkleng gimana cara menyembuhkannya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo itu bukan telo, melainkan karena benturan fisik. bisa coba di obatin lukanya lalu tunggu beberapa minggu mas.

      Reply
    • khotibul umam2 years ago

      tapinya gak ada lukanya mas

      Reply
  5. khotibul umam2 years ago

    seperti foto diatas. Sudah saya kasih balsem sudah sembuh lalu kembali lagi. sudah tidak ada darah bekunya mas

    Reply
  6. jafar2 years ago

    Aku punya merpati telo tpi masih bsa terbang normal/keplekan gimana cara ngobatinya mas

    Reply
  7. imam2 years ago

    tetelo itu nular apa engga ya ? maaf mau tanya.. soal nya sya punya 1 psng merpati.. yg jantan kena tetelo.. trus pas si satuin sma yg betina, btina nya juga mlah kna tetelo..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      Nular om, sangat malah. Hanya yang daya tahan tubuhnya kuat yang bisa bertahan, biidznillah

      Reply
  8. thoriq2 years ago

    Cara biar cepet nyopotin bulunya make apa ya? Burung merpati saya lehernya robek sedikit:(

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      cabut aja om manual. dikit-dikit jangan langsung banyak

      Reply
  9. andy2 months ago

    Cara byar da nular telo ny gmana ap perlu kita semprot kandang

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 months ago

      betul om semprot kandang pke campuran bayclean 9:1 9 nair 1 bayclean

      Reply
  10. Mohammad abdul basory2 months ago

    Om kalo cabut bulu harus sampe heler’y bersih dengan bulu yah oh

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 months ago

      iya um

      Reply

Leave a reply "Cara Mengobati Tetelo pada Merpati"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!