Cara Mengobati Tetelo pada Merpati

20
131845

Penyakit tetelo adalah penyakit yang mengerikan bagi player kita, karena penyakit ini sulit sekali untuk sembuh total, karena jika sudah sembuh burang rata-rata berkurang tingkat koordinasi pada syarafnya.

mengobati-tetelo

Tetelo atau Penyakit Newcastle (Newcastle Disease, ND) adalah penyakit pada unggas besar yang fatal (mematikan) berikut Cara Mengobati Tetelo pada Merpati.

Gejala Tetelo pada Merpati

gejala yang ditimbulkan tetelo biasanya

cara-mengobati-tetelo

  1. Gangguan pernapasan dan suara yang serak.
  2. Setelah itu 1 – 2 hari burung atau unggas yang terserang tetelo akan mengalami kelumpuhan atau tengleng.
  3. Atau kepala sering bergerakan memutar dari leher dan kepala burung, dikarnakan syaraf otot leher terserang virus ND.

Cara Mengobati Tetelo pada Merpati

Untuk mengobati tetelo pada merpati kita perlu super sabar, mungkin kata yang tepat bukanlah mngobati tetapi terapi tetelo pada merpati. Merpati biasanya terkena tetelo tidak secara langsung, melainkan tetelo adalah efek samping dari penyakit lainnya. Biasanya burung yang terkena telo adalah burung bekas sembuh dari goham yang parah. Baca : Cara mengobati penyakit goham.

Berikut langkah langkah yang harus dilakukan :

1. Yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan gizi merpati, karena merpati yang terkena telo atau tengleng dia tidak bisa makan sendiri, pertama kita loloh brg dengan phorr ayam 591 atau dengan bubur bayi yang beras merah karna pencernaan burung belum normal seperti biasa. Di usahakan burung jangan sampai basah di kepala dan leharnya yg bisa mengakibatkan burung  sakit lagi, beri minum dengan cara di spet.

alat-spet

2. Setelah asupan kita perhatikan selanjutnya kita lakukan terapi tahap pertama, yaitu kita cabut bulu leher keseluruhan untuk mencari darah yang mengendap di leher. Biasanya berwarna hitam bintik-bintik dileher, lalu tusuk leher/darah kotor yang mengendap tadi dengan jarum yang baru, terlebih dahulu streilkan jarum dengan membakarnya agar tidak terjadi infeksi yang berkelanjutan. Keluarkan darah yang mengendap tadi sampai bersih, lalu di lap dengan antiseptic seperti betadine. Lakukan seminggu 2 kali.

3. Setelah di terapi sedot selesai kita beri obat MERTIGO 1/2 tabs sehari sekali tiap hari atau kapsida. Obat tersebut bisa dibeli di apotik.

mengapa kita pakai obat MERTIGO krn brg waktu sakit sampai telo ( celeng ) brg yg dia alami kepalanya pusing dan peredaran darah tidak lancar makanya kita pakai obat MERTIGO atau MERISLON obat yg berfungsi utk melancarkan peredaran darah.

4. Langkah terakhir yg kita lakukan dlm terapi. cukup kita beri MOLAKRIM atau COUNTERPAIN sambil kita urut lehernya dari atas ke bawah. biar semua urat yg kaku dan tertarik bisa kendur kembali. Hati hati dengan teknik ini.

merpati-tetelo

Upaya pencegahan Tetelo pada Merpati

Pencegahan telo yang bisa dilakukan adalah

  1. Pencegahan menggunakan vaksinasi ND.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh burung.
  3. Membersihkan kandang.
  4. Mengurangi intensitas kontak burung dengan burung luar

20 COMMENTS

  1. obatnya,sekedar berbagi pengalaman pribadi,15 merpati saya serentak kena,alhamdulillah tinggal 6 yang masih 70%.makannya pakai br1 dan madu dikasih air diaduk ,dan pakai selang dengan suntikan besar,kalau siang dijemur,carikan lebah dan sengatkan pada leher,3 hari sekali.semoga tertolong

  2. tetelo itu nular apa engga ya ? maaf mau tanya.. soal nya sya punya 1 psng merpati.. yg jantan kena tetelo.. trus pas si satuin sma yg betina, btina nya juga mlah kna tetelo..

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.