Cara Merawat Kenari Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas

0
212546
merawat kenari mabung
Foto dari https://web.facebook.com/chunbaw.alengka

Perawatan Kenari Mabung – Merawat kenari adalah salah satu kewajiban bagi para kicau mania semua, terkhusus yang menyukai burung ini. Kenari adalah salah satu burung kicau yang populer yang banyak dipelihara di Indonesia. Burung ini cocok bagi kicau mania pemula yang baru memelihara burung, karena perawatannya yang tidak rewel dan tidak mudah stress.

Dalam merawat kenari ada beberapa perawatan wajib mulai dari perawatan harian kenarikenari over birahi, dan yang tidak kalah penting yaitu perawatan kenari mabung. Perawatan ketika kenari mabung adalah salah satu perawatan yang penting, karena pada masa mabung ini burung kenari membutuhkan asupan nutrisi yang lebih. Apalagi saat kenari muda mabung pertama kali.

Perawatan kenari mabung yang asal-asalan bisa membuat burung kenari drop, macet bunyi setelah mabung selesai. Padahal biasanya setelah burung kenari mabung merupakan masa-masa dimana kenari mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. bahkan bisa jadi burung kenari mabung tidak tuntas (hanya nyulam) dan sebagian bulu masih bulu lama yang terlihat kurang menarik.

Merawat Kenari Mabung

Ciri-ciri kenari mabung yaitu terdapat bulu-bulu halus dibawah sangkar, burung lebih banyak diam, bulu-bulu ekor dan sayap biasanya sudah kusut dan nyerit.

Berapa lama kenari mabung? Kenari mabung kurang lebih 1-3 bulan, rata-rata total mabung 2 bulanan. Lamanya mabung pada kenari berbeda-beda tergantung kondisi burung dan perawatannya. Agar kenari mabung bisa tuntas dan cepat selesai bisa melakukan perawatan berikut ini :

  • Pertama kita bisa tempatkan kenari mabung di tempat yang sepi dan tenang, jauh dari aktivitas manusia apalagi gangguan dari binatang lain.
  • Lebih baik sangkar sering dikerodong, tujuannya agar suhu di kandang stabil dan bulu cepat rontok saat kenari dalam masa ngurak (bulu rontok) dan kenari juga akan lebih fokus dalam menyelesaikan proses mabungnya. Sesekali di angin-anginkan burung dan dikontrol pakannya.
  • Sebisa mungkin agar tidak mendengar suara burung lain.
  • Lebih baik stop mandi terlebih dahulu sampai bulu-bulu jarum terlihat.
  • Lebih baik stop jemur terlebih dahulu sampai bulu-bulu jarum terlihat.
  • Makanan kenari mabung harus ditingkatkan terutama porsi EF. Karena saat mabung ini burung kenari membutuhkan nutrisi yang sangat banyak untuk pertumbuhan bulunya, terutama protein.
  • Berikan Extra fooding (EF) berupa sayuran atau buah, bisa memakai apel, pir, sawi hijau, sawi putih, slada, gambas, timun dan lainnya.
  • Berikan EF berupa protein seperti telur puyuh dan kroto. Telur puyuh diberikan 3 kali seminggu, dan kroto bisa diberikan 1 sendok makan 1 kali seminggu. Ini sebagai asupan protein agar pertumbuhan bulunya bisa lebih cepat.
  • Setelah bulu jarum terlihat burung bisa di master dengan suara yang sesuai dengan karakternya, bisa menggunakan suara blackthroat, suara gereja tarung, atau suara kenari. Silahkan didownload klik saja link tersebut.

Semoga dengan perawatan diatas kenari yang mabung bisa cepat kembali gacor seperti semula, jika kenari muda segera bisa mapan. Perawatan diatas berlaku bagi semua jenis kenari, seperti YS, F1, F2, F3, kenari lokal, AF dll. Anda juga bisa membaca mengobati kenari cacingan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.