Cara Mengobati Kucing Mencret atau Diare

0
51950

Mengobati Kucing Mencret – Semua penyakit pada kucing memang tidak kita harapkan dan salah satunya penyakit yang menjengkelkan yaitu kucing mencret atau diare, karena jika kucing sedang mencret maka kebersihan kucing dan kebersihan lingkungan sekitar kucing menjadi berkurang. Kotoran kucing bisa saja berada di mana-mana dan sulit dibersihkan, terlebih lagi kita tidak tega melihat kucing kita yang terserang sakit tersebut karena biasanya kucing yang mencret akan lebih banyak diam, tidur, kurang bergairah dan terlihat lemas.

Sebelum kita mencoba untuk mengobati kucing yang mencret terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebab kucing mencret tersebut. Penyakit mencret pada kucing bisa diakibatkan oleh banyak hal salah satunya virus dan bakteri yang masuk melalui makanan atau juga bisa karena kucing sedang adaptasi terhadap makanan tertentu. Biasanya ini terjadi jika pola makan berubah atau makanan yang biasa diberikan diganti secara mendadak.

Cara yang paling aman dilakukan untuk mengobati kucing yang sedang terkena mencret atau diare adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Cara ini dinilai paling aman untuk kesehatan si kucing, tetapi jika kita jauh dari dokter hewan atau ingin mengobatinya sendiri maka ada beberapa cara di bawah ini yang disarankan oleh para pecinta kucing dibeberapa forum akan saya berikan.

Tentunya sebelum itu kita perlu membeli menjaga segala kebersihan pakan, kebersihan air, kebersihan wadah, kebersihan lingkungan, dan pemilihan produk makanan yang tepat. Jika itu semua sudah dilakukan atau bahkan biasa menggunakan perawatan tersebut atau produk merek tersebut maka beberapa cara ini bisa dilakukan untuk mengobati kucing mencret.

kucing-lemas-karena-mencret

Mengobati kucing mencret atau diare

Pengobatan pada kucing harus disesuaikan dengan umur kucing, penyebab diare, dan sudah seberapa lama diarenya. Jika penyebab diare karena pergantian produk makanan yang mendadak atau sedang proses adaptasi maka pengobatan sebenarnya tidak perlu dilakukan. Cukup berikan saja multivitamin dan probiotik, probiotik sangat besar sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan pencernaan pada kucing, saya sarankan harus masuk kedalam list perawatan. Jika sakit berlanjut bisa mencoba beberapa pengobatan dibawah ini.

a. Pemberian oralit

Kucing yang sedang diare biasanya banyak sekali minum, ini adalah salah satu bentuk dari pertahanan tubuh kucing. Karena kucing yang diare sangat rawan kehabisan cairan oleh karena itu perlu diberikan cairan agar kucing tidak dehidrasi.

b. Pemberian obat diare

Obat yang disarankan oleh beberapa CL adalah Dialet atau Primacat. Silahkan dosisnya disesuaikan dengan kucing masing-masing.

c. Pemberian obat cacing

Loh kok obat cacing? Ya bisa jadi kucing yang diare atau mencet bisa diakibatkan karena kucing cacingan, berikan drontal sesuai dosis atau baca : mengobati kucing cacingan

kucing-diare-dan-mencret

Nah saya rasa beberapa jenis pengobatan diatas sudah bisa mengobati kucing diare. Untuk perawatan kita bisa memberi multivitamin dan menjaga kebersihan kandang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.