Cara Mudah Menjinakkan Kucing Giras untuk Pemula

0
4023
cara menjinakkan kucing liar
Foto : https://web.facebook.com/ulysuryatirri

Cara Menjinakkan Kucing – Hampir seluruh cat lovers menginginkan kucing yang jinak, ramah, dan berprilaku lucu. Tetapi terkadang kita menemukan beberapa kucing yang giras atau kurang jinak. Biasanya saat mempunyai kucing baru yang belum beradaptasi dengan lingkungan kita atau mengadopsi kucing liar dijalanan.

Kucing baru atau kucing liar ini bermacam-macam karakternya, ada yang langsung penurut dan jinak ada juga yang harus sabar menjinakkannya. Nah bagi anda yang sudah terbiasa dengan kucing tentu menjinakkan kucing tersebut bukan masalah, tetapi untuk pemula yang baru memelihara kucing mungkin akan kesulitan, sama saya pun dulu begitu hehehe.

Nah berikut ini tips yang bisa dicoba untuk menjinakkan kucing.

cara-menjinakkan-kucing
Foto : https://web.facebook.com/muynesdarimonarki

Cara Menjinakkan Kucing

1. Kenali Karakter Kucing

Pertama yang harus kita lakukan untuk menjinakkan kucing adalah mengenali karakternya. Ada kucing yang benar-benar liar (didekati langsung lari), ada kucing yang jinak lalat (didekati tidak lari tetapi saat mau dipegang menolak), ada yang setengah jinak (mau dipegang tetapi kadang nyerang kita).

Inti dari pengenalan karakter kucing ini adalah untuk berjaga-jaga sekiranya kucing menyerang atau untuk mengukur seberapa lama PDKT kita pada si kucing. Kucing yang jinak lalat mungkin akan lebih sebentar dibanding kucing liar yang didekati langsung lari.

Kucing yang giras dikarenakan dia belum percaya kepada manusia, takut, dan waspada sehingga tidak mau dipegang. Jadi yang kita lakukan adalah membuat kucing percaya pada kita terlebih dahulu dengan sendirinya kucing akan menjadi jinak.

2. Beri tempat untuk kucing

Kucing yang belum jinak pertama kita beri tempat, kucing bisa ditempatkan dikandang yang agak luas atau suatu ruangan yang diberikan tempat sembunyi seperti kardus, kolong meja atau tempat lainnya agar kucing merasa tenang dan bisa bersembunyi.

3. Jaga jarak

Jaga jarak aman kita dengan kucing, jangan buat gerakan tiba-tiba saat didekatnya yang akan membuat kucing panik. Jangan juga sesekali mengasari kucing, karena kucing akan menganggap kita sebagai ancaman.

4. Rayu kucing dan PDKT

Rayuan terampuh untuk semua jenis hewan adalah makanan, biarkan kucing lapar dan berikan makan secara rutih dan tetap menjaga jarak agar tidak panik dan sedikit-demi sedikit kita dekati. Lama kelamaan kucing akan percaya pada kita, bahwa kita bukan ancaman mau dekat dan di pegang.

Setelah kucing mau dekat sesekali elus tetapi jangan terlalu sering, elus sambil memberi makanan yang disuka. Proses PDKT ini bisa berlangsung beberapa hari, beberapa minggu, bahkan beberapa bulan tergantung karakter kucing tersebut.

Cara menjinakkan kucing setiap orang berbeda-beda, tetapi pada intinya sama yaitu membuat kucing percaya bahwa kita bukan ancaman. Cara ini juga bisa dilakukan untuk memandikan kucing galak, asal sabar lama-lama kucing terbiasa. baca juga cara mengenalkan kucing baru.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.