Mengobati Kucing Sakit Mengeluarkan Air Liur

2
144860
kucing mengeluarkan banyak liur
Foto https://www.facebook.com/edo.gunawan.7712

Mengobati Kucing Sakit Mengeluarkan Air Liur – Dalam merawat kucing terkadang kita menemukan penyakit yang gejalanya kucing mengeluarkan banyak air liur, mulut berlendir, (kucing ileran) dengan aroma yang kurang sedap/bau.

Ada beberapa penyakit yang gejalanya seperti itu, seperti penumpukan karang gigi, infeksi mulut (sariawan, radang dll), dan yang paling ditakuti para cat lovers yaitu kucing terkena virus berbahaya seperti calici (calicivirus).

Sebelumnya saya tegaskan, saya bukan dokter hewan yang banyak tahu tentang penyakit kucing, melainkan hanya pecinta hewan seperti teman-teman. Disini saya ingin berbagi pengalaman antara pecinta kucing dalam mengobati kucing sakit.

Ingat, hal terbaik dalam menangani suatu penyakit kucing yaitu dengan membawanya ke vet atau dokter hewan agar ditangani dengan baik. Tetapi bagi teman-teman yang mempunyai keterbatasan tempat/waktu/dll bisa mencoba beberapa pengalaman cat lovers dalam menangani kucing sakit mengeluarkan air liur.

Mengobati Kucing Mengeluarkan Banyak Air Liur

Mengobati kucing sakit mengeluarkan air liur ini sebelumnya saya kelompokkan bebeapa penyebabnya terlebih dahulu, karena pengobatan yang baik adalah yang sesuai dengan penyakitnya.

Akibat infeksi mulut (sariawan/luka pada gusi/gigi bermasalah)

Ciri-ciri terkena infeksi mulut yaitu terdapat luka pada mulut, penumpukkan karang gigi. Berikan antibiotik pada kucing + berikan vitamin, merk yang digunakan bebas yah, dosis tentu saja sesuai petunjuk dokter dan berat badan kucing. Memang paling aman sih bawa ke vet nya saja kalo penumpukkan karang gigi biar bisa dibersihkan hehehe.

Kucing terinveksi virus calici

Ciri-ciri kucing terkena virus calici yaitu kucing mendadak lesu, kucing yang terlihat biasa saja tiba-tiba lesu dan sakit. Selain itu disertai bersih-bersin, keluar banyak lendir/liur yang berlebihan, baunya tidak enak, kucing juga mengalami demam, dan biasanya tidak mau makan.

kucing-terserang-virus-calici
kucing-terserang-virus-calici Foto dari https://www.facebook.com/BigBossRikimaru

Pertama pisahkan dari kucing lain. Lalu solusinya baa ke vet agar bisa ditangani, tetapi boleh juga diberi pertolongan pertama dengan memberikan air kelapa muda (kelapa hijau lebih bagus) untuk membunuh racun dan mengisi cairan tubuh kucing + berikan cairan gula merah agar tambah vit. Berikan makanan yang bergizi seperti kuning telur mentah/wetfood.

Untuk menghindari terinveksi virus calici kucing bisa di vaksin, jaga daya tahan tubuh kucing dengan pemberian vitamin, probiotik, dan makanan yang bergizi, hindari kontak langsung dengan kucing sakit.

Saya tidak merekomendasikan pengobatan sendiri apalagi belum pengalaman, karena bisa berakibat fatal bagi kucingny, kasian.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.