Cara Merawat dan Membersihkan Kotoran Telinga Kucing dengan Benar

8
61344
Foto dari https://www.facebook.com/rossyhalim

Membersihkan Kotoran Telinga Kucing – Kebersihan adalah salah satu faktor yang menentukan kesehatan kucing. Kucing yang bersih dan terawat tentu akan membuat kucing lebih sehat dan terlihat indah bagi pemiliknya. Salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan sebagai pemilik kucing untuk membuat kucing tetap sehat dan bersih adalah membersihkan telinga kucing. Telinga kucing ini mudah sekali untuk kotor dan jika sudah kotor maka pertumbuhan bakteri maupun kuman dan jamur akan mudah untuk menjangkiti kucing, tidak mau bukan? Selain itu juga ada kutu pada telinga kucing yang bisa saja menyerang.

Telinga kucing memang sangat rawan kotor sangat rawan kotor disamping aktivitas kucing yang banyak dan bersentuhan dengan debu juga kotoran pada telinga kucing diakibatkan oleh mekanisme tubuh kucing dalam membersihkan dirinya sendiri. Tau sendirikan kucing itu binatang yang ‘cinta bersih’ kaya saya hehehe.

Ada beberapa metode yang biasa dipakai untuk membersihkan telinga kucing. Pertama yaitu metode hisap, metode hisap atau suction adalah metode yang biasa dilakukan oleh dokter hewan untuk membersihkan telinga kucing. Metode ini menggunakan alat khusus untuk tindakannya. Alat suction ini berfungsi untuk menghisap kotoran kucing yang bersifat agak cair. Metode ini juga berfungsi untuk membersihkan telinga kucing bagian tengah.

Selanjutnya metode irigasi cara ini dilakukan dengan memasukkan cairan ceruminolitik yang berfungsi menghancurkan atau melunakan lilin atau serumen pada telinga kucing. Lalu setelah serumen luntur maka kotoran akan mudah untuk dikeluarkan.

Terakhir teknik yang bisa dilakukan cat lovers sendiri dirumah yaitu cara mekanis, cara ini biasa bisa dilakukan dirumah sendiri dengan menggunakan cutton bud (korek kuping). Cara ini bisa dilakukan dengan atau tanpa bantuan cairan cerumen. Tetapi lebih baik kita menggunakan cairan cerumen atau cairan pembersih telinga kucing.

membersihkan-telinga-kucing
Foto dari https://youtu.be/9gX3ex9ClUY

Membersihkan Kotoran Telinga Kucing

Berikut ini adalah cara untuk membersihkan telinga kucing dengan metode mekanik, karena cara ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan dirumah sendiri. Berikut langkah-langkah untuk membersihkan telinga kucing.

1. Siapkan alat-alat dan perlengkapan yang di butuhkan yaitu cutton bud, kapas, tisu dan cairan pembersih telinga kucing. Jika tidak pakai cairan pembersih juga tidak apa-apa tapi untuk hasil yang lebih maksimal saya sarankan untuk membeli cairan pembersih telinga kucing yang bisa didapatkan di pet shop terdekat. Jika memang tidak ada atau susah untuk mencarinya bisa juga menggunakan baby oil.

2. Teteskan pembersih telinga kucing pada bagian telinga yang akan dibersihkan, jika tidak ada berikan baby oil, biarkan cairan tersebut menyebar dengan rata agar hasil pembersihannya bisa maksimal tunggu beberapa saat sampai cairan bekerja, agar kotoran mudah dibersihkan.

3. Biasanya kucing akan menggeleng-gelengkan kepalanya tanda tidak nyaman karena cairan pembersih kucing yang telah dimasukkan tadi, tetapi biarkan saja kucing untuk menggeleng-gelengkan kepalanya karena cara tersebut bisa mempermudah cairan pembersih tadi untuk keluar dari telinga kucing.

4. Selanjutnya bersihkan sisa-sisa baby oil atau cairan pembersih di telinga kucing. Lalu bersihkan kotoran telinga yang terlihat pada bagian luar dengan kapas atau tisu.

5. Sisanya bersihkan dengan cutton bud dan perhatikan pada lekukan telinga kucing jangan sampai terlewat. Lakukan dengan cara yang halus. Biasanya kucing akan memberontak karena ada rasa yang tidak nyaman di telinganya tapi anda harus mencoba untuk memeganginya agar kucing merasa senyaman mungkin.

6. Setelah dibersihkan bagian kotoran pada telinga kucing kita bisa memberikan cairan tetes telinga atau obat telinga kucing. Obat ini berfungsi untuk membasmi dan mencegah tungau, kutu, atau scabies pada telinga kucing. Seperti biasa obat tetes telinga ini juga bisa dibeli di pet shop terdekat. Aturan pemberian obat tetes ikuti aturan dokter atau yang tertera pada kemasan masing-masing.

membersihkan-kotoran-telinga-kucing
Foto dari https://youtu.be/9gX3ex9ClUY

Berbagi pengalaman saja, telinga kucing yang mudah kotor juga bisa menjadi indikasi kucing tersebut sedang tidak sehat atau sedang mengalami cidera/luka tertentu pada tubuhnya (terutama kepala). Biasanya kucing kurang sehat atau ada luka pada tumbuhnya. Saya tidak tahu ini sudah diteliti atau belum tetapi saya memperhatikan kucing-kucing saya mengalami hal demikian.

Ketika kucing sedang sakit atau kurang sehat telinganya mudah sekali kotor, hanya beberapa hari sudah kotor lagi. Terlebih ketika terdapat luka dilehernya, maka telinga kucing lebih cepat kotor. Saya tidak tahu itu benar atau tidak, tetapi ini yang saya rasakan pada kucing-kucing saya.

8 COMMENTS

  1. Kak tanya donk kucing aku gatau kenapa sekitar daerah telinga itu di garuk garuk terus sampe berdarah, padahal gaada kutu atau indikasi scabies kenapa ya??

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.