Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok

0
109748

Mengatasi bulu kucing rontok – Bulu kucing yang rontok sangat menjengkelkan, bagaimana tidak, bulu kucing yang rontok bisa tercecer dimana-mana. Terlebih jika kita sedang memangkunya, bulu kucing yang rontok bisa tercecer di baju kita. Banyak pemelihara kucing yang mengeluh dengan keadaan ini. Bulu kucing yang rontok juga bisa mengakibatkan kucing menjadi botak, tentu akan mengurangi kecantikan kucing kita yah.

Sebenarnya bulu kucing yang rontok itu normal, tetapi rontoknya bulu masih dalam kadar yang wajar. Apalagi untuk kucing umur 4-5 bulan, dimasa itu terjadi penggantian bulu kucing. Masalah kerontokan terjadi jika bulu yang rontok di atas batas wajar dan sangat banyak dan berlebihan. Biasanya saat kita mengelus akan ada banyak bulu yang menempel di tangan.

penyebab-bulu-kucing-rontok

sumber : http://www.tazesirucats.com/

Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok

Bulu kucing rontok bisa diakibatkan beberapa hal. Penyebab bulu kucing rontok diantaranya adalah pola rawatan yang kurang tepat, makanan yang tidak cocok, kondisi kesehatan, gangguan parasit, kucing sedang birahi, dan cuaca panas yang berlebih.

Berikut beberapa solusi untuk mengatasi bulu kucing yang rontok.

1. Perawatan yang tepat

Rawatlah kucing dengan benar, misal mandikan kucing dengan sampo yang tepat. Saya tidak tahu merk shampoo kucing apa yang sesuai dengan kucing anda. Anda bisa coba sendiri atau bisa berkonsultasi kepada teman-teman yang sudah mencoba beberapa merk. Baca : cara mandikan kucing.

Vitamin memang diperlukan dan bagus bagi kucing, tetapi pemberian vitamin dan obat-obatan dalam jumlah yang tidak pas bisa mengakibatkan sebaliknya. Karena kelebihan vitamin dan obat-obatan bulu kucing rontok. Bijaklah dalam menggunakan produk kimia dan obat-obatan bagi kucing anda.

2. Ganti makanan

Makanan yang tidak cocok menjadi salah satu penyebab bulu kucing rontok. Maka coba bergantilah makanan yang pas untuk kucing anda. Bisa lakukan test, atau membeli makanan khusus untuk kucing rontok. Lihat takaran gizinya, tidak boleh kurang atau berlebihan. Sesuaikan pemberian makanan, porsi dan kegunaan. Misal kitten berilah makanan untuk kitten.

3. Periksa kesehatan kucing

Kucing yang mengalami kerontokan juga bisa diakibatkan oleh kondisi kesehatan, untuk mengetahui kondisi yang tepat bisa dilihat dari gerak geriknya, atau berkonsultasi langsung dengan dokter. Kutu dan parasit yang menempel juga bisa mengakibatkan kerontokan pada bulu kucing. Jangan lupa mandikan dengan teratur dan benar. Kucing yang rontok juga bisa diakibatkan oleh ringworm.

Nah beberapa hal diatas adalah tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bulu kucing rontok. Jika diluar kemampuan kita seperti cuaca kita hanya bisa mengkondisikan agar ruangan tempat kucing bermain tidak terlalu panas.

Solusi yang terbaik jika kucing peliharaan anda mengalami rontok bulu yang berlebihan/tidak normal berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai permasalahan bulu kucing yang rontok.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.