Rawatan Harian Pleci Agar Gacor Ngalas dan Ngeroll

1
24740
rawatan pleci harian
Foto dari https://www.facebook.com/bodeputra.sumedang

Rawatan Harian Pleci – Burung pleci adalah salah satu burung kicau yang sangat digemari di Indonesia terbukti dengan banyaknya nomor-nomor lomba pleci di berbagai daerah burung kicau yang mempunyai ukuran badan kecil ini biasa juga dikenal dengan nama burung kacamata karena di sekitar matanya terdapat warna putih menyerupai kacamata. Ada juga beberapa jenis pleci yang bisa ditemui.

Dalam memelihara burung kicau tidak lepas dari rawatan, baik itu rawatan harian atau rawatan persiapan untuk lomba. Perawatan harian pleci dan perawatan lomba pleci sama pentingnya, karena kedua rawatan tersebut saling melengkapi satu sama lainnya. Tetapi yang perlu dijaga secara disiplin yaitu rawatan hariannya, karena rawatan harian pleci bisa jadi faktor penentu agar pleci kita tampil maksimal. Rawatan harian yang tepat juga bisa membuat pleci bakalan atau pleci bahan menjadi gacor dan mungkin kita bisa membuat pleci menjadi kita ngalas atau  suara pleci ngeroll.

Rawatan harian burung pleci harus disesuaikan dengan karakter burung yang kita miliki. Terkadang untuk hasil yang maksimal perawatan satu pleci dengan pleci yang lainnya bisa berbeda karena perbedaan karakter yang dimilikinya. Ada yang lebih gacor jika di beri porsi EF segini ada yang maksimal dengan EF segitu, ada yang suka buah ini ada yang suka buah itu. Oleh karena itu kita sebagai pemeliharanya mesti jeli melihat kesukaan dan kebiasaan pleci kita agar hasilnya maksimal.

rawatan-pleci-harian-agar-gacor
Foto dari https://www.facebook.com/prabu.radenbentar

Rawatan Pleci Harian dan Lomba

Untuk perawatan pleci lomba bisa membaca tulisan berikut : perawatan pleci lomba

Berikut ini rawatan harian yang bisa dicoba untuk pleci teman-teman semua. Silahkan di modifikasi sesuai kebiasaan pleci dan karakter pleci masing-masing.

1. Sekitar jam 06.00 pagi pleci dikeluarkan untuk diembunkan, saat diembunkan biarkan pleci bersama dengan koloninya (gantung rame-rame).

2. Setelah diembunkan sekitar jam 07.00 pleci dimandikan. Mandikan pleci dengan bersih atau bisa juga dicampur dengan sampo untuk burung kicau.

3. Sambil dimandikan bersihkan tempat pakan, tempat air minum serta kandang pleci. Kebersihan lingkungan pada sangkar pleci itu bisa menjaga kesehatan burung pleci, sehingga pleci bisa tampil maksimal. Ganti air minum pleci setiap hari. baca : racikan minuman pleci

4. Setelah dimandikan berikan beberapa ekor ulat hongkong berwarna putih dan berikan kroto, takarannya disesuaikan dengan kebiasaan. Berikan juga makanan racikan jika diperlukan. Baca : makanan racikan pleci

5. Jemur pleci sampai jam 10.00 pagi karena jika terlalu lama atau lewat dari 10 biasanya matahari sudah terlalu terik.

6. Setelah dijemur lalu angin-anginkan burung pleci di tempat yang teduh selama 10 sampai 15 menit.

7. Setelah itu pleci kembali dikerodong dan dilakukan pemasteran. Berikan suara masteran atau suara isian yang cocok dengan pleci. Jika pleci kita ingin ngalas berikan suara masteran burung kacer, cendet, cucak ijo, atau murai batu. Jika ingin pleci kita lebih ngerol berikan suara masteran seperti kenari, blackthroat dan lain-lain. Tentunya suara masteran yang baik adalah suara yang sesuai dengan karakter pleci kita. Baca : Suara pleci gacor

8. Jika diperlukan pleci juga bisa dimandikan pada sore hari caranya sama dengan mandi pagi mandi sore biasanya dilakukan pada jam 03.00 sampai jam 04.00. Setelah itu kembali dikerodong dan diberikan suara masteran.

9. Beberapa pleci mania biasa juga memandikan pleci nya pada malam hari untuk menjaga birahinya agar tidak terlalu over jika masih normal biasanya pleci tidak dimandikan malam hari.

10. Berikan makanan atau minuman tambahan seperti nektar atau buah. Baca : membuat nektar pleci

Diatas adalah rawatan harian pleci dengan menerapkan perawatan harian secara disiplin tentu akan meningkatkan kualitas pleci kita. Lakukan secara disiplin dan sabar menanti hasil dari rawatan kita.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.