Makanan Trucukan yang Bagus Agar Gacor Ropel

Makanan Burung Trucukan – Makanan trucukan adalah salah satu hal penting dalam perawatan burung trucukan. Makanan yang baik bisa menunjang proses pertumbuhan dan membuat burung menjadi gacor (rajin berbunyi). Bukan rahasia lagi makanan adalah salah satu hal yang mempengaruhi burung trucuk selain dari perawatan. Pemberian pakan yang benar tentu akan membuat burung trucukan kita semakin berkualitas.

Bagi para pemula atau baru merawat trucukan tentu akan bingung, burung trucukan makannya apa aja yah? Makanan trucukan yang bagus apa? Makanan trucukan biar gacor apa? Pola makan trucukan bagaimana? Nah disini saya akan mencoba untuk membahas itu semua, silahkan disimak.

Makanan Trucukan

Makanan trucukan yang bisa diberikan ada beberapa jenis yaitu :

Voer burung

Voer adalah makanan buatan yang didesain khusus untuk burung, kandungannya ada macam-macam tergantung merk pakan yang meraciknya. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kadar proteinnya, untuk trucukan kadar protein yang baik berkisar antara 12%-18%.

Lalu merk voer untuk trucukan apa? Masalah merk sebenarnya bebas tetapi kadang kita perlu rekomendasi yah, untuk trucukan bisa menggunakan merk topsong, goldcoin, fancy, B.n.R, SKM, krotosari semuanya bagus, yang penting burungnya suka. Bisa juga dirotasi atau dioplos voernya.

Buah segar

Buah adalah salah satu pakan yang penting bagi trucukan selain sebagai pakan alami buah juga membantu mencukupi asupan nutrisi pada burung. Buah yang disukai trucukan biasanya pisang kepok putih, pepaya, pir, apel, tomat, buah naga dan lainnya. Berikan secara teratur dan diseling-seling agar burung tidak bosan. Baca : buah yang disukai burung

Extra fooding

EF atau extra fooding adalah makanan tambahan bagi burung trucuk. EF berupa serangga, ini juga merupakan makanan alami bagi burung, tetapi burung dalam sangkar pemberiannya tidak boleh berlebihan agar tidak terjadi over birahi, tidak boleh juga terlalu kurang nantinya drop (ga ada birahi) jadi tidak mau bunyi.

Pakan extra ini bisa berupa jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat jerman, ulat kandang dll. Lalu dosis pemberiannya bagaimana? Sepengalaman saya burung itu berbeda-beda, nanti kita bahas dibagian pola pemberian pakan.

makanan-trucukan-agar-gacor-ropel
Foto https://www.facebook.com/donybagussetiawan

Pola Makan Trucukan

Kalo urusan makanan trucukan itu termasuk urusan yang mudah, tetapi yang sulitnya yaitu pola pemberian pakannya. Atau biasa disebut setingan. Soalnya jika tidak cocok dengan trucukan rawatan kita makan biasanya trucukan tidak berkicau maksimal. Tetapi jika sudah tepat maka trucukan bisa lebih cepat gacor dan ropel. Untuk setingan dasar dalam memberi makan trucukan kami telah mempostingnya disini silahkan di baca : pola makan trucuk

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.