Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir dengan Benar

0
24773
merawat anak kucing baru lahir
Foto dari https://www.facebook.com/angga.v.iii.9

Merawat Anak Kucing Baru Lahir – Apakah anak kucing baru lahir boleh dipegang? Bagaimana cara merawat anak kucing baru lahir tanpa induk? Atau mungkin teman-teman punya anak kucing yang baru lahir induknya tidak mau menyusui? Lalu boleh diberi makan apa Apakah anak kucing baru lahir boleh dimandikan dan seterusnya pertanyaan-pertanyaan ini adalah pertanyaan yang wajar dan normal ditanyakan oleh para cat lover semua, terutama yang baru mempunyai anak kucing atau kucingnya baru melahirkan.

Atau mungkin teman-teman semua mempunyai anak kucing yang baru lahir yang sakit, lemas, tidak mau menyusu dan lain sebagainya. Nah berikut ini kita akan coba membahas bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir baik itu yang ada indukannya atau ditinggal indukannya ditinggal induknya.

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Setelah proses kawin (baca : cara mengawinkan kucing) dan kucing hamil (baca : kucing hamil dan melahirkan) dalam beberapa minggu maka kucing akan segera melahirkan. Nah pada proses ini ada beberapa kondisi dimana anak kucing lahir normal, anak kucing yang lahir ditinggal indukan atau induk nya tidak mau menyusui, anak kucing lahir belekan atau berpenyakit dan lain sebagainya pada kali ini saya akan membahas beberapa kondisi ketika anak kucing lahir.

Anak kucing normal

Maksudnya itu anak kucing lahir normal tidak ada masalah apa pun. Pada kondisi kali ini tentu sangatlah mudah kita hanya perlu membantu induk kucing dalam merawat anak kucing yang baru lahir.

Biasanya indukan kucing akan menggigit atau memakan plasenta yang menempel pada anak kucing yang baru lahir dilanjutkan dengan menjilati anaknya dari lendir agar kering. Yang perlu kita lakukan adalah menyediakan tempat pada saat induk kucing akan melahirkan. Biasanya kucing yang akan lahir akan terterlihat panik dan mencari tempat, maka sediakanlah tempat bisa dari kardus atau tempat yang kering dengan diberi alas.

Setelah itu anak kucing akan lahir dan berikan asupan yang bergizi pada indukannya, karena selama beberapa minggu anak kucing hanya makan air susu ibu untuknya induknya, jaga kebersihan kandang dari kotoran dan jaga agar tetap kering. Setelah kering anak kucing ini biasanya merangkak mencari puting induknya untuk menyusu. Kondisi anak kucing yang baru lahir ini sangatlah lemah dan lemas.

Lalu apakah boleh memegang anak kucing baru lahir? Jawabannya boleh, silahkan saja, selama ini saya memelihara kucing dan membantu persalinan beberapa kucing tidak ada masalah ketika saya memegang anakannya yang baru lahir. Tetapi lebih aman menggunakan sarung tangan karet, karena memang beberapa kucing ada yang sangat sensitif jika anaknya bau manusia, dan tidak mau mendekati anaknya biasanya terjadi pada kucing ras. (baca : jenis kucing ras)

merawat-anak-kucing-baru-lahir
Foto dari https://www.facebook.com/iki.habibi

Anak kucing ditinggal induknya

Ada juga anak kucing baru lahir lalu ditinggal induknya, biasanya induknya ini akan meninggalkan anak kucing atau tidak menyusui anak kucing setelah beberapa hari. Ada juga yang baru melahirkan dan ditinggal (tidak mau mendekat) biasanya plasentanya juga tidak dimakan oleh induknya. Maka dari itu kita perlu melakukan beberapa hal pada kondisi ini.

Pertama kita gunting plasenta yang menempel pada anak kucing yang baru lahir gunakan sarung tangan dan gunting yang bersih. Setelah itu gunting plasenta dan sisakan beberapa senti benang dari plasenta biarkan mengering. Membersihkan plasenta pada anak kucing yang baru lahir sangatlah penting karena jika tidak segera dibersihkan anak kucing terkadang tidak bisa bernafas atau kucing gampang sakit karena kekurangan gizi.

Kedua kita persiapkan untuk memberi makan anak kucing yang baru lahir. Makanannya yaitu berupa susu formula khusus kucing biasanya bisa didapatkan di pet shop terdekat atau jika memang tidak terdapat susu khusus kucing tersebut bisa menggunakan alternatif yaitu dengan menggunakan susu SGM 1. Gunakan air matang yang sudah dimasak atau menggunakan air mineral.

Berikan susu tersebut dengan menggunakan pipet tetes, suntikan mainan yang diberi selang halus, atau alat khusus seperti dot kucing silakan bisa mencari pet shop terdekat. Sehari anak kucing membutuhkan 1 sampai 3 ml air susu, semakin besar maka kebutuhannya bertambah. Dan berikan setiap 2 sampai 4 jam sekali. Seuh susu kucing dengan suhu hangat-hangat kuku seperti pada pemberian susu bayi. (baca juga : makanan anak kucing)

Ketiga persiapkan penghangat bagi anak kucing yang baru lahir. Caranya bisa dengan menaruh di kardus dan berikan bolham pijar untuk menghangatkan anak kucing yang baru lahir. Suhu optimal yaitu sekitar 30 derajat Celsius, bisa juga memasang termometer agar bisa mengontrol suhunya.

Anak kucing lahir berpenyakit

Baca juga : ciri-ciri kucing sakit

Ada anak kucing yang baru lahir terlihat lemas. Jika rata-rata anak kucing yang lain bisa membalikkan badannya, bisa berguling, dan lain sebagainya tidak dengan anak kucing yang lahir lemas. Ada juga yang mengalami penyakit mata (belekan), ada juga yang terlihat banyak kutunya dan lain sebagainya.

Untuk anak kucing yang terlahir lemas kita bisa membantu menyusuinya karena tentunya akan tergusur oleh anak-anak yang lain ketika akan menyusui (kalah saing). Kita harus membantunya menyusui dengan menggunakan pipet dan susu formula seperti pada bahasan di atas.

Untuk kucing yang baru lahir matanya belekan kita bisa mencoba untuk membantu membersihkannya setiap hari menggunakan tisu basah. Biasanya ini anak kucing matanya kemasukan air ketuban atau kemasukan bakteri. Biasanya dalam waktu beberapa minggu anak kucing ini akan sembuh dengan sendirinya.

Anak kucing yang baru lahir banyak kutunya. Bisa membersihkannya dengan menggunakan tisu basah, untuk anak kucing yang baru lahir kita tidak boleh dulu memandikannya, karena kondisinya masih lemas, apalagi diberi obat kutu itu tidak boleh. Kutu-kutu ini biasanya dan datang dari induknya atau berasal dari tempat yang kurang bersih. Jemur anak kucing setiap pagi untuk mengurangi pertumbuhan kutu pada kucing.

Ada juga kejadian anak kucing yang lahir sakit atau cacat. Kita harus telaten merawatnya sesuai kebutuhan tentunya dan siap-siap jika tidak bisa diselamatkan. Saya mempunyai tiga anak kucing yang alami sakit ketika baru lahir dan sayangnya saya tidak bisa menyelamatkannya karena kondisinya terlalu parah 🙁 🙁

Untuk masalah penyakit kucing dan lainnya saya sarankan hubungi dokter tidak cukup dari membaca artikel-artikel di internet atau artikel teman-teman karena penyakit kucing biasanya beda-beda. Jika melalui dokter kita tentu bisa lebih mengetahui penyakit dan obat apa yang harus digunakan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.