perawatan trucukan mabung

Perawatan Trucukan Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas

Perawatan Trucukan Mabung – Mabung (Moulting) atau bahasa lokalnya ngurak/bodol bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung/unggas. Pada masa mabung ini adalah kondisi dimana bulu burung sudah tua biasanya ditandai dengan bentuk yang sudah kusut dan warna yang kusam yang akan diganti dengan bulu-bulu baru yang bersih dan mengkilap. Kondisi burung mabung merupakan kondisi terlemah burung karena tenaga (sumberdaya) ditubuhnya dikerahkan semua untuk proses pembentukan bulu-bulu baru.
Oleh karena itu perawatan trucukan mabung menjadi hal yang sangat penting dilakukan, karena jika perawatannya salah pada masa mabung ini akan membuat burung trucukan menjadi rusak (drop, macet bunyi, bisu, dll).

Baca : suara ropel trucukan

Pada masa mabung, burung trucukan membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibanding hari-hari biasanya, karena metabolisme tubuh burung trucukan meningkat dari kondisi normal. Hal ini diperlukan trucukan untuk pembentukan bulu saat mabung, nutrisi yang cukup dan banyak dapat membuat pertumbuhan bulu berlangsung normal dan bahkan lebih cepat.
trucukan-mabung
Foto https://www.facebook.com/ipenkprisai
Selama masa mabung hindari kontak langsung dengan burung sejenis (perbedaan trucukan jantan dan betina). Proses mabung akan terganggu jika burung kita sering bertemu burung sejenis. Karena mabung erat kaitannya dengan hormon, jika sering di gandeng maka hormon tertentu akan meningkat dan mengganggu proses mabung.

Perawatan Trucukan Mabung

Trucukan yang mabung ditandai dengan bulu-bulu yang terlihat kusam, perubahan tingkah laku burung yang menjadi lebih banyak diam dan tenang. Trucukan yang mabung biasanya masih berkicau tetapi intensitasnya mulai berkurang, ada juga yang cenderung jadi pendiam.

Bulu-bulu halus di sekitaran dada, perut mulai berjatuhan, bulu-bulu ini bisa diperhatikan banyak berserakan dibawah kandang. Berikut ini beberapa tips perawatan bagi burung yang mabung.

  • Pisahkan burung dari burung lain dan tempatkan burung di tempat yang sepi. Lebih baik burung dalam kondisi dikerodong.
  • Sementara stop mandi dan stop jemur saat proses ambrol bulu. Mulai mandikan dan jemur di matahari yang tidak menyengat jika bulu sudah mulai tumbuh.
  • Berikan porsi EF 2 kali dari biasanya. Lebih banyak EF lebih bagus. Pemberian EF sangat diperlukan  untuk pembentukan bulu-bulu baru.
  • Saat mabung biasanya saat-saat yang baik untuk dilakukan pemasteran karena burung banyak diam dan mendengar. Silahkan download suara masteran trucuk
  • Bila perlu berikan Vitamin dan Mineral yang berkualitas merk silahkan pilih sendiri, sesuaikan aturan pakainya.

Nah pola rawatan trucukan mabung diatas semoba bisa membuat burung trucukan selesai mabung lebih cepat dan tuntas. Terkadang ada proses mabung yang terganggu (tidak tuntas) karena salah perawatan. Fokus pada istirahat burung, dan beri makanan yang lebih banyak.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.