Mengenali Gejala Kelinci Sakit dari Kotorannya

27
164453

Kelinci sakit – Bagi kalian yang memang hobi atau sudah memutuskan untuk memilihara binatang peliharaan entah itu kucing, anjing, ikan, burung maupun kelinci sudah kewajiban kita untuk memeliharanya sebaik mungkin.

Seperti memberi makan yang cukup, menyediakan kandang yang baik, menjaga kebersihan binatang peliharaan, mengajak bermain (inget sob jangan cuek sama binatang peliharaan mereka juga butuh diperhatikan, apalagi saya sob haha) dan yang tidak kalah penting perhatikan kesehatannya, maka dari itu kita perlu mengenali kelinci sakit.

Rasanya hampir tidak ada makhluk hidup yang sehat terus, pasti suatu waktu mengalami sakit. Manusia, binatang dan tanaman pun pasti mengalaminya.

Kita bisa mengetahui suatu makhluk sehat atau terserang penyakit dengan melihat ciri-cirinya, begitupun dengan tanaman dan binatang. Untunglah manusia bisa mengungkapkannya apabila terasa sakti, tapi bagaimana dengan tanaman dan binatang? Ya kecuali bisa mengerti bahasa binatang :v

Jangan sampai kita tidak mengetahui jika binatang peliharaan kita terserang penyakit, kalian nggak mau kan ditinggal pergi sama binatang peliharaan kesayangan?

Makanya mulai sekarang jangan cuek 😀 Berhubung saya memelihara kelinci jadi pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi dalam mengetahui kesehatan kelinci jika dilihat dari bentuk fesesnya (kotoran) atau kita perlu mengenali kelinci sakit sedini mungkin.

gejala-kelinci-sakit

Ciri-ciri kelinci sakit dari fasesnya

1. Feses Bulat, Kering dan Tidak Berbau

Beruntunglah kalau feses kelinci peliharaan kita mengeluarkan feses seperti ini, berbentuk bulat, kering dan tidak berbau biasanya berwarna coklat, coklat tua atau kehitam-hitaman, itu artinya kelinci peliharaan kita sehat, karena makanan yang dikonsusmi kaya serat.

Senang kan rasanya ketika kotoran kelinci tidak berbau selain itu biasanya urin yang dikeluarkan tidak bau.

Feses seperti ini ngga repot membersihkannya, karena tidak nempel di bulu dan meninggalkan noda di lantai. Haha..

saya juga tidak khawatir melepas kelinci-kelinci saya di kosan, kalau mereka buang kotoran bisa disapu dengan mudah yang bikin repot kalau mereka pipis, harus di pel itu kamar.

ciri-ciri-kotoran-kelinci-sakit

2. Feses Bulat, Lembek dan bergerombol seperti anggur

Pernah lihat jenis feses seperti ini? Kebetulan salah satu kelinci peliharaan saya mengeluarkan feses seperti ini dan tidak lama kemudian kelinci saya melahap kotorannya itu hahaha.

Jangan kaget sob dan jangan panik, karena jenis feses seperti kaya vitamin dan nutrisi kelinci juga tahu akan hal itu makanya secara naluri kelinci akan memakan kembali kotorannya itu. Kotoran jenis ini biasa disebut cecotrope, berbentuk bulat bergerombol seperti anggur, lembek dan sedikit berbau.

Awalnya heran itu kelinci kenapa mulutnya kotor banget kaya habis makan kotoran, setelah saya cek bentuk kotorannya ternyata cecotrope, agak repot juga membersihkannya ditambah lagi jenis kelinci yang saya pelihara adalah Fuzzy lop.

Itu kotoran kalau udah nempel ke bulu susah dibersihinnya (karena waktu itu saya biarkan kelinci-kelinci saya berlarian di kosan, alhasil kotorannya terkena kelinci lainnya :v)

3. Feses Cair, Berwarna Hijau/Kehitaman dan Berbau

Sedih rasanya kalau kelinci kesayangan kita mengeluarkan feses seperti ini 🙁 itu artinya kelinci kita terkena diare/mencret.

Baca : mengobati kelinci mencret

Biasanya hal ini dikarenakan asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh kelinci terkontaminasi dengan bakteri sehingga kotoran yang dihasilkan tidak berbentuk alias cair, berwarna hijau atau kehitaman dan bau.

Kelinci dengan usia 3 bulan atau dibawah 3 bulan sangat rentan terkena diare jika asupan yang makanannya kurang diperhatikan, karena pada usia tersebut kondisi imun kelinci belum stabil atau masih rentan terhadap penyakit.

Pada kondisi seperti ini sebaiknya jangan diberikan sayuran atau buah-buahan terlebih dahulu, karena buah dan sayur banyak mengandung serat, sebaiknya berikan pelet saja dan jangan lupa diberi obat agar tidak tambah parah.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kelinci tidak terkena diare:

– Jangan memberikan pakan yang banyak mengandung air. Baca makanan kelinci

– Perhatikan kebersihan pakan dan air yang akan diminum.

– Sebaiknya jika memberikan rumput harus dalam keadaan layu.

Diare pada kelinci pada umumnya agak sulit untuk disembuhkan, maka dari itu lebih baik mencegahnya daripada mengobati.

4. Feses bulat kecil, keras dan berwarna Hitam

Sembelit bukan hanya diderita oleh manusia saja, kelinci pun bisa mengalaminya. Jika kelinci mengeluarkan feses bulat kecil-kecil, keras dan kering tidak seperti biasanya dan berwarna hitam, kemungkinan kelinci tersebut terkena sembelit.

Lagi-lagi disebabkan oleh asupan makanan, makanan yang dikonsumsi kurang serat, jadi berikan asupan makanan yang seimbang seratnya, jangan diberi pelet terus, sesekali berikan dia sayuran seperti wortel atau buah-buahan, selain kaya serat namun juga kaya akan vitamin, biar sehat.

mengenali-kelinci-sakit

Saat kelinci sakit perhatikan pula asupan air nya, ingat kelinci juga butuh air. Air tidak cukup mengandalkan dari sayuran atau buah-buahan yang dikandungnya saja, karena itu tidak dapat memenuhi kebutuhan air dalam tubuhnya, sediakan air di kandangnya selama 24 jam.

27 COMMENTS

  1. Saya baru pemula adopsi kelinci yg jenis anggora
    Artikelnya sangat membantu.
    Tapi fases nya mirip banget sma yg nomer 3.
    Pdhal air minum sllu standby di kandang .
    Gimana ya biar gak sembelit lagi.. bingung ??

      • Owhh gtu ya..boleh di kasih buah apa aja ya buat kelnci ?
        Truss apa tiap hari harus ada menu buah ? Dan sayurann apa aja yg gak boleh saat kondisi spt ini ?
        Soalnya sya bru adopsi 4hri ini.. dan selama ini baru dikasih wortel. Sawi dan bayam.. mohon infonya ya ka.
        Makasih banyak sebelumnyaa ??

  2. Halo.. saya baru pelihara kelinci 5 hari ini, dia berumur 3 bulan, tp hari ini dia pup nya cair.. knp ya?
    tadi malam saya kasih buah apel and wortel

  3. Kelinci saya udh berumur 8bulan selama ini saya berikan wortel dan sawi hijau. Sudah 2 hari kelinci saya tidak pup. Bagaimana yaa 🙁

  4. Klo kelinci biasanya sudah bisa pup daru umur brp ya kak?saya sih biasanya kasih dia makanan sawi putih atau wortel.klo sebaikbya kasih makan apa ya?

  5. Kak mau tanya kelinci saya koq fesesnya berwarna coklat, lembek dan basah kak. Itu kenapa ya kak? Soalnya kmren itu di ksh mkn daun pepaya..eh besoknya dia tiduran trus gx mau loncat dan lari2 kaya biasanya kak..takutnya dia diare, y udh saya kasih Pur Ayam tpi kelincinya gx mau makan
    Kelincinya tiap hari saya kasih makan wortel, kdng bayem kadang juga seledri kak..

    Solusinya dong kak saya bingung kelincinya kenapa yaa???

    • biasanya karena kebanyakan makanan yg mengandung air. Coba kasih rumput hijau tapi dilayukan dulu agar kadar airnya berkurang. Jgn kaget Memang aga males makannya nanti

  6. Ka ini aku kelinci baru rawat dua hari umurnya dua bulan aku kasih pelet sama buah apel makannya tapi babnya kaya nomer 4, tapi kadang juga biasa kaya nomer 1 itu gimana ya ka?

  7. Kak kelinci saya 3 bulan. Fasesny ya bulat kering dan ga bau. Tapi warna urinny aga coklat keoren2 kaua kunyit gitu. Knpa ya kak? Takut kalo kena diaere

  8. Kelinci saya setiap hari saya kasi sawi..trus kotorannya bulat bulat kecil menggupal ada lendirnya gtu …itu kenpaa yaa

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.