mengobati kucing mata bengkak

Cara Mengobati Kucing Mata Bengkak Berair Bernanah

Kucing Mata Bengkak – Mempunyai kucing yang selalu sehat dan terawat tentu merupakan idaman bagi setiap cat lovers semuanya. Tetapi terkadang apa yang kita rencanakan dan kita inginkan tidak selalu berjalan mulus, akan ada saja ujian dari allah subhanahuwataala yang harus dilalui, dan bersyukurlah yang allah subhanahuwataala mudahkan setiap langkahnya hehehe kembali pada topik kucing sakit 😀

Kucing yang mengalami sakit mata atau bahkan kucing mata bengkak merupakan salah satu penyakit yang sering menjangkiti kucing, terutama bagi kitten (anak kucing) yang belum kuat daya tahan tubuhnya akan lebih rentan terkena penyakit ini.

Secara umum mata kucing bengkak adalah salah satu perlawanan dari sistem imun kucing untuk melawan bakteri yang menginfeksi bagian mata. Penyebab masuknya bakteri ini bermacam-macam, mulai dari berkelahi (luka terbuka), tertular (kontak dengan kucing yang terkena infeksi), dan lainnya.

Biasanya mata kucing yang bengkak ini akan memerah, berair, belekan, bahkan sampai bernanah. Ini normal, karena kotoran atau nanah tersebut merupakan hasil pertarungan antara imun dan bakteri (bakteri dan imun yang mati jadi nanah). Kucing yang matanya bengkak biasanya jadi kurang ceria, nafsu makannya menurun, dan lebih sering tidur. Sedih ya kalo melihat kucing kita sakit seperti itu.

mengobati-kucing-mata-bengkak-berair
Foto dari https://web.facebook.com/jengsraii

* Foto diatas adalah pengalaman salah satu cat lovers (Sri Rejeki) yang melakukan pengobatan kucing yang matanya bengkak.

Cara teraman dan terbaik tentu saja membawa ke dokter hewan, tetapi jika ada yang mempunyai halangan bisa mengobati kucing sakit mata sendiri dirumah, tentu dengan resiko masing-masing. Berikut ini langkah-langkahnya untuk mengobati mata kucing bengkak.

Mengobati Kucing Mata Bengkak

Pisahkan atau isolasi kucing yang sakit mata atau kucing mata bengkak, karena biasanya menular pada kucing lainnya.

  1. Langkah pertama siapkan peralatan dan obat-obatannya, bisa dibeli di apotik. Siapkan NaCl (cairan infus), Salep teramycin/cendomicetin/gentamicin (pilih satu saja) atau jika tidak menggunakan salep bisa menggunakan obat tetes cendo xitrol, sediakan juga kapas atau tisu.
  2. Gunakan NaCl untuk membersihkan mata kucing, pakai kapas atau tisu untuk membersihkannya (rekomendasi tisu, pakas suka nempel di sekitaran mata nantinya). Posisikan kucing senyaman mungkin biasanya suka berontak.
  3. Oleskan salep tipis-tipis disekitar mata yang bengkak (sekitar kelopak mata). Oleskan dengan tangan agar mudah, jika tidak tega bisa dengan cutton bud. Jika menggunakan obat tetes maka teteskan ke mata (lihat dosis). Gunakan salah satu saja ya, salep atau obat tetes jangan keduanya.
  4. Lakukan hal diatas setiap pagi dan sore.
  5. Biasanya dalam waktu 3 hari sudah terlihat membaik. nah jika masih parah atau bertambah parah segera hubungi dokter, khawatir kucingnya terkena clamidya.

Untuk pertolongan pertama pada kucing sakit bagi yang jauh dari dokter hewan, silahkan baca : pertolongan kucing sakit

Related Posts
Mengobati Kucing Sakit Mata Belekan dan Berair Sendiri
mengobati-mata-kucing-belekan

Mengobati mata kucing belekan - Memelihara kucing memang sangat menyenangkan terlebih lagi melihat tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat kita tidak Read more

Cara Mudah Menjinakkan Kucing Giras untuk Pemula
cara-menjinakkan-kucing-liar

Cara Menjinakkan Kucing - Hampir seluruh cat lovers menginginkan kucing yang jinak, ramah, dan berprilaku lucu. Tetapi terkadang kita menemukan Read more

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon Asli
ciri-ciri-kucing-maine-coon

Kucing Maine Coon Asli - Kucing ras Maine Coon adalah ras kucing peliharaan terbesar. Kucing ini berasal dari daerah Maine, Read more

Mengenal Kucing Maine Coon Lebih Dekat
kucing-maine-coon

Kucing Maine Coon - Kucing maine coon adalah salah satu ras kucing terbesar yang biasa dipelihara. Ras kucing maine coon ini Read more

Perbedaan Kucing Persia Peaknose dan Persia Flatnose
persia-peaknose-dan-flatnose

Persia Peaknose dan flatnose - Kucing persia memang sangat lucu dan menggemaskan, tidak heran banyak sekali yang memelihara kucing jenis Read more

Jenis Kucing Persia yang Paling Lucu untuk Dipelihara
kucing-persia

Kucing Persia - Kucing persia adalah salah satu Ras kucing yang banyak sekali dipelihara di kalangan setelah cat lovers. Kucing ini Read more

9 Ciri Kucing Anggora Asli yang Lucu
gambar-kucing-anggora

Kucing Anggora - Kucing Anggora adalah salah satu kucing ras yang berasal dari Turki dari daerah anggora daerah ankara atau ibu Read more

Mengobati Kucing Sakit Mengeluarkan Air Liur
kucing-mengeluarkan-liur-berlebihan

Mengobati Kucing Sakit Mengeluarkan Air Liur - Dalam merawat kucing terkadang kita menemukan penyakit yang gejalanya kucing mengeluarkan banyak air liur, Read more

Cara Mengatasi Kucing Galak atau Agresif Beserta Penyebabnya
mengatasi-kucing-agresif-dan-galak

Mengatasi Kucing Giras, Galak atau Agresif - Saat kita memiliki kucing baru terkadang kucing yang kira adopt memiliki sifat galak, Read more

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir dengan Benar
anak-kucing-baru-lahir-tanpa-induk

Merawat Anak Kucing Baru Lahir - Apakah anak kucing baru lahir boleh dipegang? Bagaimana cara merawat anak kucing baru lahir tanpa Read more

29 thoughts on “Cara Mengobati Kucing Mata Bengkak Berair Bernanah”

  1. bagaimana matanya bengkak sampe bola matanya keluar sehingga kelopak matanya tidak bisa menutup.trusmatanya seperti katarak tertutup selaput putih.saya juga ngak tau itu kucing saya ketemu d dpan rumah nyari 2 induknya ,trus saya bersihin.tpi ngak semnuh sembuh,aduh kasian sekali.udh d kasih salep ALLETROL SOALNYA TERAMYSIN SUSAH 10 hari ngak ad perubahan gentamicin 2 hari.tpi uhd d stop takut ngak mau makan .soalnya klo tetes mata kucing yg dulu sya punya juga dkasih obat tetes mata ngak mau makan akhirnya mati.tolong saya gimana solusinya

    Reply
      • Asalamuallaikum dok,
        Saya minta tolong dok bantu aku ksih solusinya dok,kucing saya kmrin abis saya kasih obat tetes,sblumnya kucing saya matanya sakit,sesampai saya bersihkan dgan air hangat,trus saya kasih obat tetes mata,sesampai dikasih tetes mata kucing saya loncat dan dia kaya ngerasain perih kali ya dok smpai dia ngucek matanya hingga luka berdarah stlah itu saya buru” ambil dan kompres dgan air hangat,stlah saya kompres kelopak mata nya bengkak hingga keluar selaput putih nya dan matanya hingga bola mata ketutup selaput putih dan kelopak matanya menonjol dok saya nangis dok meliat kucing saya jadi sprti itu dok plis dok bantu solusinya obatnya apa aku gk bisa tdur dan gk tega meliat kucing saya sprti itu 😭

        Reply
  2. Kucing lokal saya udah bbrp hari mendadak sakit, mata’y berair dan hidung’y mengeluarkan cairan seperti nanah berwarna merah muda. Ditempat saya gak ada dokter hewan

    Reply
    • Kucing lokal saya berumur sekitar 8 bulan, bbrp hari yl mendadak sakit panas dan mata berair. Alhamdulillah skrg sudah normal suhu’y, tapi mata”y masih berair dan dari hidung’y keluar cairan agak merah muda…kenapa ya dok. Didaerah saya tidak ada dokter hewan

      Reply
  3. bagaimana cara mengobati matanya kucing yg tertutup selaput putih . dan ap obatnya . tolong di jawab . kasian sekali kucing saya jadi bengong terus tdk ada suara.

    Reply
  4. Klo buat mata bengkak bgian bawahnya ja ap bisa pkai teramicin…..!? Smpai gk bisa trbuka matanya.
    Soalnya terkadang kluar nanahnya jua.

    Reply
  5. Tolong bantu kucing saya baru baru ini berantem sama kucing liar terus kucing saya kena gigitan bagian atas matanya terus bengkak matanya bernanah, gimana solusi nya….

    Reply
  6. Min Anak kucing saya baru berumur 1 minggu 4 hari.
    Nah pas saya periksa ternyata mata salah satu anak kucingnya bengkak di bagian kanan, enggak tau penyebabnya. Tolong solusinya min

    Reply
  7. Assalamu’alaikum, selamat siang semua ☺.. Saya punya kucing singkat cerita semalem kondisi tubuhnya normal² aja ga ada masalah apa² tapi pas pagi kaget krna mata kucing saya bengkak dua²nya bahkan bagian keseluruhan mukanyapun terlihat bengep(bengkak) matanya gak ngeluarin air dn gk belekan.. Badannya terlihat lemas dn ga nafsu makan.. Tolong dong yg tau bisa dishare 😭🙏 gk tega liatnya mana masih menyusui anaknya😢

    Reply
  8. Mau nnya min kalau kucing saya berantem dan kecakar di matanya luka awalnya merah biasa belekan trs cek ke petshop katanya msh bisa diobatin sndiri di ksh obat teteh khusus katarak tpi skrng malah ada benjolan putih ditengahnya kaya nanah gtu,itu knp ya dan apa msh bisa sembuh?:(

    Reply
  9. Dok kucing saya mata sebelah kana membengkak sampai sebesar kelereng, lalu mata tidak bisa terbuka. Kulit kelopak mata atas dan bawah menyatu jadi kulit juga. Bagaimana menanganinya ya dok. Tolong arahannya

    Reply
  10. Saya juga mau tanya, ini kucing saya mungkin berantem sama tokek karena klo sama kucing lain ga mungkin dia pemalu. Matanya sebelah bengkak, kaya kegores, berair terus kasian.. gimana yaa?

    Reply
  11. Mohon penjelasan kenapa mata anak kucing saya menjadi bengkak dan bernanah?sepertinya menular ke kucing lain. Anak yg sblmnya buta sebelah. Bgmn cara menanganinya dan apakah masih bisa sembuh?

    Reply
  12. Kucing sy usia kurleb 3 bln tetiba ky klojotan usrek usrek matanya alhsil skrg bengkak bernanah kasjhan mana gada jnduknya. sy nemu kucig terlantar in dkt rmh badanya kurus kering bulu kpla pd rontok skg stelah rawat sebulan 1/2 gemuk lincah tetiba skit matanya .. Knp ya? kena binatang atau gmn mohon pencerahan tksh

    Reply
  13. Dokter mata anak kucing saya Bengkak bernanah pecah mengeluarkan cairan merah dan hitam obat apa yang bisa diberikan, mohon penjelasannya dokter

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.