Pertolongan Pertama Ketika Kucing Sakit Tanpa Dokter Hewan

31
78619
pertolongan pertama kucing sakit
Foto dari https://web.facebook.com/firman.c.maulana

Pertolongan Pertama Kucing Sakit – Oke teman-teman cat lovers semua saya harap membaca postingan ini secara keseluruhan, untuk informasi yang lebih jelas dan tidak mengulang pertanyaan nantinya. Pertama-tama saya bukan dokter hewan, jadi pengetahuan saya mengenai penyakit kucing hanya sebatas pengalaman dari kawan-kawan dan pengalaman pribadi tidak mengetahui secara mendalam, hanya penyakit ringan dan luar saja.

Oke kita mulai bahasan tentang pertolongan pertama ketika kucing sakit. P3K pertolongan pertama pada kucing hehehe, siapa sih yang tidak merasa khawatir saat kucingnya sakit? Wah tentu saja kita semua takut dan khawatir, padahal tadi baik-baik saja, masih aktif dan mau makan lahap. Panik? Tentu bukan tindakan yang tepat dan bijaksana yang ga merubah apapun.

Jika kucing sakit langkah terbaik dan tepat adalah membawanya ke dokter hewan, yah karena ditangan dokterlah kesembuhan dititipkan. Tetapi jika lokasinya jauh dari dokter hewan, kondisi malam dan dokter tutup atau ada kendala lainnya yang membuat kita tidak bisa pergi ke dokter hewan maka cara ini bisa diterapkan untuk kucingnya.

pertolongan-kucing-sakit
Foto dari https://web.facebook.com/kiki.kusumawardhani

Karena saya juga mengalaminya, tempat tinggal jauh dari petshop dan dokter hewan, butuh waktu dan akomodasi untuk sampai kesana. Oleh karena itu saya belajar beberapa pertolongan pertama ketika kucing saya sakit. Berikut ini penanganan pertama ketika kucing sakit. Kenali juga ciri-ciri kucing sakit

Pengobatan Kucing Sakit

Berikut ini pertolongan pertama kucing sakit yang bisa kita usahakan.

1. Kuning Telur Mentah

Kuning telur mentah mengandung banyak lemak dan protein yang baik bagi kucing. Kuning telur juga bisa sebagai “booster” makanan untuk kucing. Kuning telur cocok digunakan pada kucing yang mengalami indikasi : kucing lemas, lebih banyak tidur, kucing kurus, kucing tidak mau makan, kucing makan sedikit. Selain itu kuning telur mentah bisa membuat kucing gemuk.

Pemberiannya bisa di campur pada makananan, atau di berikan dengan pipet/suntikan tanpa jarum yang diberi selang kecil. Sukur-sukur kucingnya doyan hehehe.

2. Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak ion yang bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air kelapa juga bisa berguna sebagai penawar racun. Air kelapa bisa digunakan pada kucing yang mengalami indikasi : kucing muntah, kucing badannya panas, kucing menjulurkan lidah, kucing keracunan, air liur banyak, air liur bau, bau mulut.

3. Minyak VCO

Virgin coconut oil, banyak mengandung vitamin E, asam penting, dan sebagai antibiotik. VCO bisa diberikan pada kucing yang terindikasi : kucing terkena jamur, kucing terkena ringworm, kucing terluka berantem.

4. Obat luka (betadine, Rivanol, NaCl, Gentamicin)

Antiseptik berguna untuk menghindari infeksi pada luka yang terbuka. Padukan dengan NaCl (air infus) untuk mencuci luka agar tidak infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Jika luka menganga atau terbuka berikan salep Gentamicin sebagai anti bakteri untuk mencegah infeksi.

Baik digunakan jika kucing terluka ketika berantem atau luka luar pada kucing, kucing luka bernanah, kucing luka berlubang, kucing luka sobek. Jika kucing menjilati lukanya yang telah diberi obat berikan corong pada kucing sementara sampai lukanya kering agar tidak dijilati terus-menerus.

Pertolongan pertama pada kucing sakit lainnya nanti di update seiring dengan perkembangan info dan jika teman-teman semua memiliki tambahan infokan ke saya melalui komentar oke. Untuk penggunaan obat seperti antibiotik atau obat minum saya tidak menyarankan, silahkan konsul ke dokter.

31 COMMENTS

  1. asalamu’alaikum
    dengan hormat, saya meminta pertolongannya kucing saya di rumah gak mau makan lemes banget, suka tidur mulu, dengan apa penyebab nya, kucing kayak gitu, aku tunggu syarat nya untuk penyembuhan kucing yang sakit itu, terima kasih wasalam

    • Waalaykummussalam, penyebab yang pastinya saya kurang tahu karena kurangnya keterangan, coba bawa saja ke dokter hewan untuk dicari penyebabnya dan diobati

    • Kl kucingq biasany kl g suka makan lgsung q beliin bubur kucing bntukny kyk kornet gtu. Bubur recovery namany 1 kaleng 50rb ktany ddlmny dh ad vitamin buat napsu makan di petshop bnyk. Kl kucingny g mau makan sndiri pling 1sdm q campur air anget trs dmasukin spuit. Jd nyuapinny pke spuit. 1hr 3x pling 2,3hri dia udh sembuh mau makan sndiri. Smoga membantu

  2. Selamat malam, mau tanya kucing angora saya yang betina berumur 3 bulanan biasa agresif tapi tiba tiba selalu diam dan tidur apa penyebabnya yaa? Terima kasih

    • Sudah diberi obat cacing? Jika belum lebih baik diberikan. Bagaimana dengan nafsu makannya? Adakah penurunan atau tidak, jika nafsu makan masih sama seperti biasa. Ada kemungkinan nggak ada yang ajak dia main, jadi dia lebih milih bobo untuk menghabiskan waktu. Spare waktu kita untuk si empus juga penting loh.

  3. Assalamualaikum..
    Kucing saya flu, sudah hampir 3 minggu saya kasih flucat, tapi blm sembuh” juga flu nya.
    Sekarang rahang sebelah kanannya bengkak… Ada hubungan dengan flu nya Gak ya?
    Saya harus kasih obat apa, agar fly nya cepat sembuh?
    Terima kasih atas jawabannya

    • flu itu asalnya dari virus sis, virus itu penyembuhannya dari daya tahan tubuhnya sendiri. Selain diberi obat coba berikan asupanmakanan yang bergizi, berikan juga vitamin untuk kucing. bisa juga membaca : mengobati kucing flu

  4. hye semua bagi solusi donk q berada di singapore q kebingunggan saat kucing q yg peranakan britis sakit ? q udah bawa ke PET FAMILY ATAU hospital hewan disini bayaran nya begitu mahal sampai saat ino dia sakit lagi q ngak mau ke dokter lagi karena sekali ke dokter 900$ atau lebih dr 9juta ???? tolong solusi nya kucing q lemas dan tidak bisa jalan hanya tidur saja

  5. hi min.. minta tolong…

    kucingku 2 haej iNi hanya tidur terus.. belum makan, ak coba kasih whiskas cuma dijilatin airnya aja..

    lidahnya menjulur sedikit dan ada air liurnya dikit di bagian mulut…

    apakah cukup dikasih air kelapa aja bisa sembuh..?

    trimakasih

    • air kelapa dan semisalnya itu hanya pertolongan pertama, sisanya butuh bantuan dokter. Coba kasih kuning telur mentah (kuningnya aja ya)

    • hye syukur alhamdulilah saya baca blog kamu dan saya ikuti petunjuk memberikan telur atau gula merah untuk tenaga sekarang kucing saya sehat kembali sebelum nya saya merasa cemas seperti mau mati saja kucing saya saya beri 1x telur
      dan 2x air gula merah kemudian saya racik makanan sendiri dari campuran salmon dan beras merah ? saya bahagia sekali trimakasih ya

  6. Assalamualaikum.sallam kenal ya. Tolong dong infonya. Saya melihara kucing biasa dari bayi saya rawat sampai sekarang tumbuh besar. Bahkan kucing yg saya plihara seperti kucing anggora.saya kasih makannya wishkas tiap hari. Sebelum dia sakit dia senang makan bahkan saya kasih donat dia mau.kuncing saya termasuk kucing yg aktif sebelum nya. Tiba2 udah 2hari ini dia gk selera makan. Bahkan tadi malam kucing saya juga gk tidur.tadi malam saya langsung lihat di web tentang kucing. Dan disitu saya sudah kasih kuning telur sama sih gula merah. Tpi kenapa masih juga lemas ya. Mau kedokter saya Gk Tau tempat dokter hewan saya tinggal di daearh pasar kemis tanggerang. Sata takut sampai terjadi kenapa2.demi mengurus kucing saya rela tdi malam Gk tidur Krn nemani kucing saya dan saya takut kenapa2.tolong dong kasih tau ada cara yg lain apa Gk ya.
    Trimakasih

    • Wah saya kurang tahu, perlu diperiksa penyebabnya, di Tanggerang banyak dokter hewan, coba search di google “dokter hewan tanggerang”

    • Ya ada tapi ke jauhan dokternya.
      Rencana mau bawa ke dokter hewan hari ini tpi keburu nyawanya tidak tertolong kucing saya sudah mati tadi malam kam setengah 1di menghembuskan nafas terakhirnya. San saya juga ke maren langsung tanya sama dokter hwean bya kata nya di kasih madu sudah saya kasi madu bahkan saya beli obat biolysin supaya nafsu makan. Eh tadi malam saya lihat kucing saya tidurnya pindah tempat trus saya gendong dan saya kasih dia madu sama biolysin gk lamanya kucing saya kejang2 muntah trus saya lamgsung panik eh ternya nyawanya udah gk ada.

  7. Kucing saya,mungkin msh skitar 3 bulan kurang lbh,trus ibuny udh gk mau nyusui dy lg,eh skrng dy skt ,bdn ny lemes,rebahan aj ,gk mau nyusu,walaupun sm ibuk ny,tlg y kak solusinya

  8. Ass.. Slm kenal yh
    Saya mau tnya nih,,kalo kucing BAB campur darah,apa yg hrus di lakukan,umur kucing saya skitar 3 bln, dia gk mau di susui sma ibunya
    Krjanya tidur trus, tpi klo masalah mkn dia mau mkan.. Saya minta pendapatnya bgmna..

  9. Mau tanya.. Kucing sya 3-4 hari mata.nya bengkak sebelah.. Dan berair uda di obat tetes.. Tetap aja.. Sy harus gimana

  10. Ass saya mau tanya kucing saya persia umur 2 bulan,kucing saya biasanya lincah dan mendadak kemarin langsung lemes trs mencret hbs itu flu dan dan muntah2 gamau makan,udah dibawa kerumah sakit tapi msi blom ada perubahan,ini gimana yaa?tolong solusinya:(

    • wah sy g tau sakitnya apa, tp kalo udah di tangani dokter ikuti saja saran2nya sis. mudah2an cepat sembuh kucingnya

  11. Assalamu’alaikum, kucing saya umur 2 bln badannya panas, tidur terus, dan badannya gemetar. Dia juga tdk mau mkn dan minum sama sekali. Saya sdh suapi mknannya, tp dia susah dibuka mulutnya. Tlg bantuannya gmn caranya memberi mkn dan minum kucing saya supaya sehat kembali? Terima kasih

  12. Mba/mas tolong gimana ini 🙁 kucing saya udah 5 hari gak mau makan cuman mau minum. Udah saya suapin wet food, madu, kuning telur, tapi susah sekali. Palingan hanya mau jilat yang nempel di mulutnya. Hari ke 4 dia muntah cacing hidup banyak sekali. Langsung sy kasih combantrin 2 tetes. Kucing sy usia 8 bulan. Besoknya dia masih gak mau makan. Tp ttp sy jejelin wet food di mulutnya sedikit. Setiap habis makan dia meraung2 sakit. Dia masih bisa jalan, cuman tidur terus dan semakin lemas. Tindakan apalagi yang bs saya lakukan. Mohon pencerahannya.

  13. Assalamualikum min saya mau nnya saya ngerawat bayi kucing krna ditinggal induk nya gtu aja dan ga prna disusui sama skli jd saya yg rawat udh sktr 2mi ggu umurnya dan krna yg satunya susah skli mnum susu jd skrg dia lemas gtu gk bsa merangkak seperti saudra nya satu lagi, saya bca2 diartikel itu dikasih kuning telur atau air kelapa saya mau nnya kuning telur nya direbus apa mentah soalnya lihat beberapa artikel beda2 dan itu cocok atau ngga min buat kucing saya yg masih umur mingguan mohon dijawab min krna udh lemes bngt udh di bwk ke dokter dan suntik vitamin tp sma saja

  14. Assalamu’alaikum. Maaf mau tanya nih siapa tau ada solusi. Kucing di rumah sya kena sakit mata yg tdak pernah sya lihat sebelumnya. Awalnya sebelah matanya tertutup selaput putih. Setelah beberapa hari matanya membengkak dan seperti ada daging atau apalah itu(nggak tau apa ?) yang keluar membesar(warnanya sperti pink pucat) dari kornea matanya dan menutupi seluruh biji matanya dari atas dan bawah. Saya bingung bagaimana cara mengobatinya, sementara ditempat saya tidak ada dokter hewan maupun apotek khusus hewan. Siapa tau ada yang pernah mengalami hal semacam ini atau ada yg tau solusinya, mohon bantuannya…

    • kalo memng bener2 g ada drh bisa coba dibersihkan dan rutin diberi salep antibiotik seperti kalmicetine (di apotik), atau salep khusus mata kucing. Tp lebih baik memng ke dokter

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.