Agar Lovebird Cepat Kawin dan Bertelur – Dengan maraknya hobi burung kicau terutama burung lovebird menjadikan burung ini primadona dan banyak digemari oleh kicau mania di seluruh tanah air.

Dengan semakin banyaknya peminat lovebird tentu semakin banyak juga yang berternak burung ini, baik itu dari kalangan coba-coba atau dari kalangan peternak khususnya. Dalam berternak lovebird terkadang kita menemui beberapa kendala yang menghambat lovebird berproduksi. Beberapa kendala yang sering kita temukan saat berternak lovebird yaitu lovebird tidak mau jodoh (baca : cara menjodohkan lovebird), lovebird tidak mau kawin, dan jika sudah kawin lovebird tidak cepat bertelur.

Oleh karena itu hewanpeliharaan.org akan membagikan beberapa tips agar burung lovebird yang kita pelihara cepat kawin dan cepat bertelur. Faktor utama lovebird agar mau kawin yaitu faktor birahi dan kesuburannya, karakter lovebird sendiri, dan pola perawatannya. Dari pola perawatan yang paling besar pengaruhnya terhadap kesuburan lovebird adalah faktor makanan.

Akan kami sajikan beberapa makanan yang dapat menyuburkan lovebird dan beberapa suplemen atau vitamin agar lovebird cepat bertelur. Monggo disimak

Agar Lovebird Cepat Kawin dan Cepat Bertelur

Berikut ini beberapa faktor agar lovebrid cepat bertelur. Penjodohan lovebird dan agar lovebird cepat kawin kita skip yah sudah dibahas disini silahkan baca agar lovebird cepat kawin

Kenyamanan kandang/glodog

Faktor pertama yaitu kondisi lingkungan atau kenyamanan kandang lovebird. Kenyamanan kandang ternak lovebird terkadang kurang diperhatikan oleh pemula yang mulai berternak lovebird, padahal kenyamanan kandang, posisi glodok adalah salah satu faktor bisa mempengaruhi agar lovebird cepat bertelur. Jika lovebird tidak merasa nyaman tentu saja akan enggan untuk kawin apalagi untuk bertelur.

cara-agar-lovebird-cepat-bertelur
Foto dari https://www.facebook.com/fery.macello

Agar lovebird merasa nyaman dikandangnya kita bisa coba beberapa setingan kandang, jika lovebird terlihat sering keluar masuk glodog itu tandanya lovebird sudah merasa nyaman. Bisa juga kita terapkan sistem koloni agar lovebird merasa nyaman. (baca : ternak lovebird sistem koloni).

Sediakan juga beberapa jerami kering dekat glodok lovebird agar hangat. Kehangatan kandang juga berpengaruh, jika kondisi lembab dan dingin biasanya lovebird tidak mau bertelur.

Makanan lovebird

Selanjutnya jika lovebird sudah merasa nyaman kita atur pola makannya. Sediakan makanan berupa biji-bijian seperti biji kacang tanah, biji kuaci, touge (toge), dan jagung muda untuk makanannya disamping pemberian milet. Biji-bijian diatas mengandung banyak manfaat terutama vitamin E untuk kesuburan lovebird.

Selain biji-bijian sediakan juga tulang sotong atau grit, tulang sotong ini untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral pada lovebird, sehingga pembantukkan cangkang telur bisa berlangsung dengan baik.

Suplemen, Vitamin agar lovebird cepat bertelur

Selain pola perawatan diatas jika diperlukan lovebird bisa diberikan suplemen dan vitamin agar lovebird cepat bertelur. Suplemen yang bagus agar lovebird cepat bertelur biasanya teman peternak saya menggunakan canary post.

gambar-canary-post
Foto : https://www.bukalapak.com/u/rattyandhini

Obat agar lovebird birahi dan cepat bertelur banyak sekali tersebar dipasaran. Misalnya saja egg stimulant, canary post, dan lain sebagainya. Obat-obat tersebut bisa dibeli di toko-toko ternak, baca aturan pakainya dibelakang kemasan. Selain vitamin dan suplemen tersebut saya belum mencoba yang lainnya, silahkan teman-teman coba suplemen lainnya yang tersedia di toko pakan burung. Share hasilnya agar yang lain tahu yah.

Tingkatkan Birahi Lovebird

Lovebird mau kawin biasanya karena lovebird sudah dewasa dan birahi. Cara mendongkrak lovebird agar birahi banyak sekali mulai dari pemberian EF, penjemuran, pemberian suplemen dan lain sebagainya. Cara meningkatkan birahi lovebird sudah saya tulis disini cara : meningkatkan birahi lovebird

Suara terapi

Jika semua cara sudah dilakukan dan sudah memakan waktu yang lama, patut dicoba juga dengan memperdengarkan suara terapi, berikut beberapa suara terapi yang bisa didengarkan pada pasangan lovebird.

Nah jika semuanya sudah dilakukan dan dalam kurun waktu 3-4 bulan tidak mau kawin atau bertelur berarti pilihannya bisa tunggu sampai sabar banget, di ganti pasangannya, atau bisa di ganti burungnya hehehe 😀

Join the Conversation

6 Comments

  1. Saya mau tanya om, saya kan beli lovebird indukan sma teman.
    Kata dia sih pernah produk 2 kali dan yang ketiga zonk, dan bulu si betina sedang mbrodoli( mabung). Kata dia karena habis nganggrem dan habis d ambil anakanya jd bulunya kaya gitu, kaya burung stress.
    Dan pas saya bawa kerumah langung tak masukin ke kandang kotak lengkap dengan glodoknya, setelah 1 minggu kemudian ko burungnya ga mau masuk ke glodok, dan sering nangkring d atas glodok terus.
    Pertanyaan saya bagaimana cara agar burung mau masuk glodok dan bisa kawin lagi?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.