Lovebird untuk Lomba Jantan atau Betina Agar Juara?

1
80485
lovebird untuk lomba jantan atau betina
Foto dari https://web.facebook.com/Sukarno1945

Lovebird Jantan atau Betina untuk Lomba? – Beberapa Kicaumania khususnya pemain lovebird yang biasa mengikuti lomba mungkin pernah muncul pertanyaan dalam benaknya. Lebih bagus menggunakan lovebird jantan atau betina untuk lomba?

Pertanyaan tersebut sangat wajar sekali ditanyakan mengingat beredar beberapa mitos terkait lovebird jantan atau lovebird betina sebagai lovebird lomba. Mitosnya yaitu lovebird jantan kurang bagus atau kurang cocok dijadikan sebagai lovebird lomba dan lovebird betina adalah pilihan yang tepat sebagai lovebird lomba.

Mitos ini muncul karena mungkin lovebird betina lebih sering unggul dibanding lovebird jantan di arena lomba. Sebenarnya mitos ini tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar karena terdapat penjelasan kenapa terjadi demikian.

Baca : membedakan lovebird jantan dan betina

Pertama karena faktor birahi, kita sepakat bahwa faktor birahi ini adalah salah satu faktor terpenting dalam setingan burung kicau, jika terlalu over atau terlalu drop maka burung tidak berkicau secara maksimal. Ini terjadi pada lovebird jantan.

Lovebird jantan akan lebih cepat birahi jika bertemu dengan lovebird betina sedangkan lovebird betina cenderung stabil birahinya jika bertemu dengan lovebird lainnya. Jadi lovebird betina tidak terlalu terpengaruh oleh lawannya sedangkan lovebird jantan akan terpengaruh jika kondisi birahinya tidak stabil. Baca : lovebird over birahi saat lomba

lovebird-jantan-atau-betina-untuk-lomba
Foto dari https://web.facebook.com/aditjaya.aditjaya.908

Kedua yaitu faktor jumlah, karena sudah lumrah menggunakan lovebird betina sebagai lovebird lomba maka jumlah lovebird betina dibandingkan lovebird jantan akan lebih banyak. Jadi lovebird betina secara statistik kemungkinan lovebird betina yang unggul akan lebih sering muncul.

Lovebird Jantan atau Betina untuk Lomba?

Jadi kesimpulannya memakai lovebird betina atau jantan untuk lomba sama saja dan kembali kepada karakter lovebird tersebut dan pola perawatan kita masing-masing. Yang terpenting yaitu mengetahui karakter burung dan menyeting nya sesuai dengan karakternya masing-masing terutama pada bagian birahinya. Lovebird jantan ataupun betina semuanya sama-sama memiliki potensi untuk gacor dan ngekek panjang.

Beberapa kicau mania mengambil aman dengan memilih lovebird betina sebagai lovebird lomba karena tidak terlalu terpengaruh birahinya saat lomba. Sebagian lagi ada yang memilih menggunakan lovebird jantan sebagai lovebird lomba.

Berdasarkan penjelasan diatas anda bebas memilih menggunakan lovebird yang mana. Menggunakan lovebird jantan atau lovebird betina sebagai lovebird lomba tidak masalah yang penting tetap rukun dan menjaga kebersamaan, salam ekek mania 😀

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.