Setingan Harian Pleci Ala PCMI (Pleci Mania Indonesia)

0
110577
setingan harian pleci
Foto dari https://www.facebook.com/adit.m.blitar

Setingan Harian Pleci – Dalam merawat pleci setelan harian atau perawatan harian sangat penting agar plecinya bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Sebelum membahas tentang setelan harian pleci ada baiknya kita bahas dulu tentang karakter pleci, karena pada dasarnya setelan harian yang tepat adalah yang sesuai dengan karakter pleci tersebut. Banyak sekali tips trik perawatan yang tersebar di internet dan blog-blog dan yang sudah berhasil banyak, tetapi itu semua belum tentu berhasil untuk pleci kita, jadi kita harus jeli membaca karakter pleci kita nih.

Untuk membaca karakter pleci kita tentu kita harus melakukan yang namanya uji coba. Uji coba setingan pada pleci kita ini bisa perubahannya. Lihat perubahan pada pleci sekitar beberapa minggu sampai beberapa bulan. Jika pleci muda/bakalan/ombyokan biasanya butuh waktu pengamatan yang lebih lama waktunya. Jika pleci sudah jalan (sudah mau ngriwik) biasanya cukup beberapa minggu bahkan beberapa hari sudah memperlihatkan perkembangan. Tetapi jika sampai batas waktu tertentu pleci belum memperlihatkan perkembangannya maka segera ganti setingan hariannya, berarti kurang cocok. Cara ini untuk menghemat waktu dan tenaga, tetapi memang ada beberapa pleci yang alot tetapi setelah jadi bisa memuaskan walaupun jarang.

Birahi juga merupakan faktor yang penting dalam setingan harian pleci, karena setingan harian sebenarnya adalah cara agar pleci kita mempunyai birahi yang stabil. Birahi ini bisa dipengaruhi oleh makanannya terutama EFnya. Jika birahi terlalu tinggi maka pleci biasanya hanya ngalas-ngalas sambil loncat-loncat, maka kurangi porsi EF hariannya. Jika pleci ngriwik saja dan anteng itu tandanya birahinya kurang, maka tambah porsi EF nya. Terus seperti itu sampai ditemukan porsi EF yang pas untuk pleci kita.

setingan-harian-pleci
Foto dari https://www.facebook.com/adit.m.blitar

Berikut ini saya akan memberikan setelan harian ala teman-teman di grup PCMI (Pleci Mania Indonesia) untuk plecinya masing-masing. Siapa tau diantara setelan harian pleci ini ada yang cocok dengan karakter pleci teman-teman yang membaca ini.

Setingan Harian Pleci

Pengembunan

Pengembunan banyak sekali manfaatnya bagi burung kicau, bisa juga menurunkan pleci over birahi. Tetapi jika pleci sedang ngedrop ada baiknya jangan di embunkan terlebih dahulu. Pengembunan ini biasanya dimulai pagi-pagi buta, sekitar jam 4/5/6 pagi, bagusnya sih jam 4/5 pagi sekalian solat subuh hehehe.

Udara pagi yang sejuk bisa membuat burung serasa seperti di alam, dan bikin pleci seger. Baiknya pengembunan dilakukan secara berkeloni. Lakukan pengembunan pleci ditempat yang tinggi, bisa juga ditaruh di dekat pepohonan.

Mandi

Mandi berguna bagi kesehatan pleci, selain membersihkan bulu dari kotoran mandi juga bisa menjaga kondisi birahi dan membuat burung semakin segar. Mandi bisa dilakukan saat matahari mulai tinggi, bisa sekitar jam 8-9 pagi. Carasnya bisa dengan spray atau dengan mandi keramba, tergantung kebiasaan tentunya. Untuk pleci ombyokan yang baru dibeli jangan langsung dimandikan, tetapi biarkan dulu selama 4 harian setelah adaptasi, barang kali kaget.

Penjemuran

Menjemur pleci ada beberapa metode, ada yang jemur cepat, yaitu  cukup hanya 1 jam saja. Ada yang menjemur lama, biasanya sampai jam 1 siang, tetapi perhatikan juga kondisi plecinya ya. Dalam menjemur pleci ada yang mencopot semua makanan dan minumannya, ada juga yang menyisakan minumnya saja. Kalo jemurnya singkat copot semua saja kalo jemurnya lama sisakan minuman saja.

Pakan & EF pleci

Pakan pleci macam-macam ada yang memakai voer, ada yang tanpa voer, tanpa voer bisa baca setingan pleci tanpa voer. Untuk voer biasanya di campur golden cup + 220 volt, leopard + susu dancow, dan voer dorodod. Voer-voer ini bisa dicampur sesuka hati, silahkan di coba perpaduannya.

Selain voer pemberian buah-buahan untuk pleci juga penting. Untuk buahnya apa saja? Sudah dibahas silahkan baca : buah kesukaan pleci. Selain buah berikan juga makanan tambahan untuk pleci yang tinggi protein, EF yang sering dipakai adalah ulat hongkong dan kroto. Untuk jumlahnya kita bisa dicoba dulu pagi jam 7 beri 4 UH, sore jam 4 beri 4 UH. Jika kurang birahi maka tambahkan, jika kelebihan maka kurangi sampai menemukan takaran yang pas. Pemberian kroto rata-rata pleman (pleci mania) memberikan 3x seminggu setengah sendok.

Minuman Pleci

Untuk minuman pleci selain air matang biasa pleci juga bisa diberikan minuman lain seperti mizone, vit levite, orange water, nutriboost, larutan dll. Selain minuman dari produk jadi kita juga bisa membuat racikan minuman sendiri seperti racikan nektar, bisa baca membuat nektar pleci. Berikan minuman tersebut 3 kali seminggu, atau setiap hari. Ada yang mengilangkan air mineral ada yang dengan air mineral (air minumnya 2)

Koloni

Pengkolonian bagi pleci juga penting. Karena pada dasarnya pleci adalah hewan yang berkoloni. Pengkolonian banyak manfaatnya untuk pleci, selain sebagai pengecasan pleci bisa juga sebagai acara “kangen-kangenan” dengan sesama pleci. Pengkolonian juga bisa jadi salah satu cara untuk mencari pleci yang berpotensi, biasanya pleci dengan mental petarung atau pemimpin (jantan dominan) akan rajin berkicau jika sedang di kolonikan. Pengkolonian pleci biasanya dilakukan pagi saat di jemur atau di angin-anginkan

Pengumbaran

Pleci juga sesekali perlu di umbar di kandang umbaran, biar olahraga gitu badannya. Pengumbaran bermanfaat bagi nafas dan stamina pleci. Kandang umbaran sederhana juga bisa dibuat sendiri dengan ram kawat dan bekas tutup kipas angin. Contohnya seperti gambar berikut.

kandang-umbaran-pleci
Foto dari https://www.facebook.com/eko.blacksoul

Pemasteran

Nah yang tidak ketinggalan pentingnya yaitu pemasteran, kalo pemasteran pasti sudah tau kegunaannya yah jadi tidak usah dijelaskan detail. Cara melakukan pemasteran untuk pleci ada beberapa macam, pertama cara umum yaitu dengan menggandeng pleci bahan kita dengan pleci yang sudah gacor (dengan krodong atau tanpa krodong), kedua bisa dengan menggunakan suara mp3 masteran, bisa dengan volume kecil atau besar, bisa dikrodong atau tanpa krodong, cari saja yang pas dengan pleci masing-masing.

Pleci bisa dimaster dengan beberapa suara masteran untuk pleci, jika ingin ngeroll bisa di master dengan suara blackthroat atau kenari, bisa juga dimaster dengan suara pleci ngalas jika ingin ngalas, yang sekarang lagi rame yaitu suara pleci zipper untuk masteran, katanya efeknya bagus dan cepat. Wah pada penasaran ya? Okeh bisa buka link-link berikut untuk mendownload suara masterannya.

Masteran pleci ngeroll : suara kenari, suara blackthroat, suara pleci ngeroll

Masteran pleci ngalas : suara pleci ngalas, suara pleci lasrol

Suara zipperan : suara pleci zipper

Suplement

Suplement bagi pleci hukumnya “sunnah” kalo menurut saya, boleh diberi boleh tidak. Macam-macam suplement yang bisa diberikan pada pleci seperti vitamin, mineral, minuman racikan (baca : minuman racikan pleci) dll.

Selain suplement juga ada pemberian doping bagi pleci, tujuannya biar pleci cepat berkicau dan cepat lasrol, tapi penggunaan suplement bagi pemula sangat beresiko, kita harus tahu takarannya, tahu kadar yang pas. nah untuk mencoba membuat doping sendiri dengan bahan alami bisa mambaca : membuat doping pleci

Saya rasa sudah lengkap yah setingan harian pleci disini, silahkan bisa dipraktekkan untuk plecinya masing-masing. Jangan lupa cari setingan terbaik untuk plecinya yang cocok dengan karakternya dan yang pasti harus sabar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.