Cara Menangani Kucing Stress atau Depresi dan Penyebabnya

8
50062
mengatasi kucing stress
Foto https://www.facebook.com/kelabpencintakucingmalaysia/

Menangani Kucing Stress – Kucing bisa stress atau galau? Lo bisa kok. Kucing yang sedang stres atau depresi terkadang kita temukan saat kita memelihara kucing. Kucing yang sedang stress tentu membuat pemiliknya juga ikutan stress karena memikirkan kesehatan si kucing. Kucing yang sedang stres terkadang berperilaku memprihatinkan ada kucing stres tidak mau makan, ada juga kucing stres panik dan gelapakan/panik dan berbagai hal lainnya.

Tentu kita sebagai pemilik apalagi para cat lovers sangat sedih melihatnya dan ingin segera menangani kucing yang stres atau depresi tersebut. Sebelum mulai ke tahap penanganan lebih baik kita tahu dulu penyebab kucing stress.

Penyebab Kucing Stress dan Penanganannya

Stress pada kucing bisa menimpa pada jenis kucing apa saja, baik jenis kucing ras (persia, anggora, dll) atau dome. Tetapi tingkat ketahanan setiap kucing berbeda-beda, biasanya kucing dome lebih tahan stress.

Terkadang teman-teman ada yang menanyakan apa yah obat kucing stress? Karena mungkin kucingnya jadi jarang makan dan terlihat sakit. Obat disini fungsinya adalah untuk mengobati fisiknya karena stress yang berkepanjangan biasanya tubuh mulai sakit-sakitan. Amannya berikan multi vitamin dan probiotik.

mengatasi-kucing-stress
Foto https://www.facebook.com/kelabpencintakucingmalaysia/

Stress yang sebenarnya biasanya ada di mental si kucing. Dan jika ditanya obatnya maka jawabannya macam-macam tergantung indikasi atau keluhan dari si kucing tersebut. Untuk mengatasi kucing stress kita perlu melakukan beberapa terapi atau tindakan, nah tindakan ini disesuaikan dengan penyebab stressnya yah. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kucing menjadi stress diantaranya :

Kucing stres karena pindah rumah

Jika anda pindah rumah dan si kucing juga tentunya pindah ke tempat yang baru biasanya kucing akan adaptasi terlebih dahulu dengan berdiam diri (ada juga yang panik), jika kucing anda sudah kenal dengan majikannya maka tidak usah khawatir anda tinggal menemaninya saja sering-sering di elus dan di ajak keliling tempat baru, jika kucingnya terlihat liar (giras) anda bisa taruh di kandang dan keluarkan jika sudah baikan, sesekali gendong berkeliling lingkungan barunya.

Kucing stress karena perjalanan

Jika anda ingin bepergian dengan membawa kucing anda jangan lupa taruh dalam petcargo standar, usahakan setiap waktu lihat keadaan kucing anda jika memungkinkan, dan beri udara segar agar tidak terlalu terguncang.

Kucing stress setelah melahirkan

Biasanya ini terjadi pada kucing muda atau mamah kucing muda yang belum siap punya anak. Biasanya setelah melahirkan dia tidak mau menyusui dan cenderung diam. Solusinya coba dikarantina dulu, beri multivitamin dan anaknya anda urus :D. Oleh karena itu kami menyarankan untuk mengawinkan kucing di usia yang pas, jadi lebih baik mencegahnya. baca : cara mengawinkan kucing

Kucing stres karena penyakit

Kucing sakit? Hubungi dokter hewan sis, kalo kelamaan sakit bisa stres doi. Saya ga bakal bahas penyakit kucing karena nantinya bakal panjang hehe, amannya hubungi drh oke.. Baca : ciri-ciri kucing sakit

Kucing stres karena trauma

Trauma ini bisa jadi karena prilaku majikan yang kasar, bertemu binatang yang ditakuti (anjing, ular, dll), habis berantem, dan sebaginya. Caranya kita tenangkan kucing yang sedang panik, dan jauhkan dari apa yang dia takuti. Biasanya ga lama nanti juga aktif lagi dia.

Kehilangan anak/induknya

Indukan yang kehilangan anaknya bisa karena mati, bisa juga karena hilang biasanya akan stress dan depresi, wajarlah apalagi kucing yang baru punya anak. Pernah saya mengalami indukan pertama kali punya anak dan andaknya semua mati karena diserang kucing liar, walhasil kucing induk saya stress dan pergi entah kemana. Solusinya bisa coba seperti stress setelah melahirkan, jgn lupa dikandangin ya takutnya kabur entah kemana.

Bosan

Kucing juga bisa bosan bro, apalagi kalo hidupnya dikandang terus seharian. Sesekali ajak keluar, bertemu dengan para CL lainnya, bisa di ajak ke taman, di umbar di rumah agar kucing ga bosan. Termasuk pemberian pakan yang tidak ada variasinya bisa juga bikin kucing bosan.

Jomblo (ga punya pasangan/teman)

Wkakaka ente semua stress ga bro kalo jomblo? jangan ditanya yah kucing jomblo juga bisa stress. Apalagi jika dirumah kita hanya piara satu kucing (ga ada temannya) biasanya akan cepat stress, terlebih kalo masuk musim kawin hehehe

lain-lain

Nah karena banyak hal dan keterbatasan saya mungkin sobat-sobat cat lovers bisa nambahin berdasarkan pengalamannya hehehe.

Dan dari stress tersebut ada kucing yang jadi pendiam, lemas, dan tidak bergairah. Ada juga yang mengakibatkan kucing menjadi panik tidak karuan. Ada juga kucing stress tidak mau makan baca : solusi kucing tidak mau makan dan sakit. Ada yang mengeong terus baca : arti kucing mengeong terus. Ada juga yang kabur dari rumah, kaya kucing saya si eci sedih bro. Sering-seringlah ajak kucing bermain dan berikan asupan gizi yang cukup.

8 COMMENTS

  1. Kak 2 hari yang lalu kucing saya digigit anjing. Terus dari kemaren dia gamau makan. Hari ini malah dia ga minum juga. Kayanya dia stres garagara trauma ya? Saya harus gimana ya kak? Tolong saran nya ya.

    • makan minumnya di spet aja, pke pipet atau bekas suntikan. Minum bisa dikasi air kelapa, makannya bisa dikasih kuning telur mentah. Jauhin dlu dari binatang lain takut trauma. Usianya berapa kucingnya?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.