Makanan Lovebird Saat Mengeram dan Meloloh

0
61577
makanan lovebird saat mengaram dan meloloh
Foto dari https://www.facebook.com/edi.riyanto.7543

Makanan Lovebird – Makanan adalah salah satu yang harus diperhatikan saat memelihara lovebird. Makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, tumbuh kembang, karakter burung lovebird. Oleh karena itu dalam setiap tumbuh kembang lovebird makanan harus kita jaga dan kita perhatikan. Makanan lovebird berbeda disetiap tumbuh kembangnya, karena kebutuhan lovebird juga berbeda jadi asupan makanan lovebird juga berbeda.

Makanan lovebird saat mengeram berbeda dengan makanan lovebird agar cepat bertelur. Saat mengeram lovebird membutuhkan makanan yang kaya nutrisi sebagai persiapan meloloh dan untuk mengembalikan kondisi fisik setelah bertelur. Selain itu saat meloloh usahakan makanan yang masuk merupakan makanan yang bersifat “dingin” meredam birahi, karena jika over birahi saat mengeram biasanya lovebird tidak mengerami telurnya dengan baik.

Makanan lovebird saat meloloh juga berbeda dengan lovebird lomba, karena saat meloloh lovebird membutuhkan banyak sekali makanan disekitarnya (jangan sampai kurang) karena makanan tersebut untuk dirinya dan untuk anakannya.

Oleh karena itu kita sebagai pemiliknya perlu mengontrol asupan makanan yang masuk pada lovebird sesuai dengan tahapan pertumbuhannya. Berikut ini makanan lovebird saat mengeram dan meloloh anakannya.

Makanan Lovebird Saat Mengeram dan Meloloh

Makanan lovebird yang diberikan bisa berupa makanan pokok dan makanan extra (extra food), makanan lovebird selengkapnya bisa dibaca disini : makanan lovebird terbaik.

Makanan lovebird saat mengeram

Saat mengeram adalah kondisi dimana lovebird istirahat setelah proses kawin, membuat sarang, dan bertelur. Berikan makanan yang bersifat “dingin”, menenangkan, atau meredam birahi, agar lovebird bisa mengerami telurnya dengan tenang dan baik. Berikut beberapa makanan lovebird saat mengeram :

  1. Milet putih. Pemberian milet putih sebagai makanan pokok lovebird mengeram, karena milet bersifat netral dan memang makanan ini kesukaan lovebird.
  2. Jagung muda. Seagai selingan jagung bisa diberikan pada lovebird yang sedang meloloh sebanyak 2x seminggu.
  3. Sayuran. Sayuran juga bisa diberikan seperti sawi putih, pokcoy, timun dll sebagai selingan.

Jika dibutuhkan bisa juga dengan menggunakan makanan tambahan yang banyak dijual di toko pakan.

Makanan lovebird saat meloloh

Selengkapnya baca : meloloh anakan lovebird sendiri

Saat meloloh lovebird membutuhkan banyak makanan dan jagnan sampai makanan dikandang habis. Karena makanan ini untuk meloloh anak-anaknya dan untuk dirinya sendiri jadi kebutuhan pakannya lebih banyak dari biasanya. Berikut makanan lovebird saat meloloh.

  1. Milet. Sediakan milet putih atau merah atasu campur sebagai makanan pokok lovebird.
  2. Canary seed. Sediakan juga canary seed, karena biji kenari ini bagus untuk pertumbuhan anakan lovebird agar sehat karena mengandung karbohidrat, protein, asam baik.
  3. Kangkung. Kangkung selain sebagai sumber makanan tambahan yang disukai lovebird juga sebagai sumber kalsium baik untuk pertumbuhan anakan lovebird agar memiliki tulang yang kuat.
  4. Jagung muda. Jagung muda baik sebagai sumber karbohidrat dan serat bagi pertumbuhan anakan lovebird.

Percayakan saja semua perawatan pada indukan lovebird, karena sang induk mempunyai metode terbaik untuk merawat anak-anaknya. Jika ingin kita loloh sendiri juga bisa, waktu yang aman untuk meloloh anakan biasanya sekitar 7-10 hari. Baca juga makanan lovebird tiap tahapan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.