Cara Mengatasi Kucing Galak atau Agresif Beserta Penyebabnya

7
50085
mengatasi kucing agresif dan galak
image : maxpixel.freegreatpicture.com

Mengatasi Kucing Giras, Galak atau Agresif – Saat kita memiliki kucing baru terkadang kucing yang kira adopt memiliki sifat galak, agresif, atau giras, terutama pada kucing dome yah karena instingnya lebih tajam. Atau juga karena ada faktor lain yang sedang dialami kucing, bahkan prilaku ini bisa menjadi indikasi ada sesuatu disekitarnya, oke mari kita simak.

Jika teman-teman mempunyai kucing yang tiba-tiba menjadi galak dan selalu siaga dalam posisi siap menyerang maka perlu diwaspadai. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya, diantaranya faktor internal kucing (faktor bawaan kucing, turunan, gen), faktor eksternal (lingkungan, kondisi sekitar kucing), dan faktor karena sakit.

Mengatasi Kucing Galak atau Agresif

Penyebab kucing galak atau agresif ada beberapa macam, ada yang sudah bawaannya ada yang memang agresif karena sesuatu, berikut beberapa diantaranya

Faktor internal

Faktor internal atau bawaan kucing biasanya karena kucing diasuh atau diturunkan dari indukan yang galak dan agresif, jadi tingkah laku induknya akan di ikuti, kalo ini sih aman deh emang dari sananya udah gitu. Biasanya dari kittennya udah agresif jadi kita ga aneh lagi ya sob.

Faktor Eksternal

Yang kedua faktor luar dari kucing, jika kucing terlihat galak dan agresif pertama cek kondisi kucing, apakah sedang kesakitan, apakah di bagian tubuhnya ada luka? Jika iya maka segera obati sesuai dengan kebutuhannya, biasanya kondisi kucing terluka kucing akan terlihat galak tetapi sering diam di tempat.

Saya pernah mengalami kucing saya ada yang iseng dengan mengikat karet di kakinya saya rasa kucing saya ada yang aneh ketika berjalan dan jika saya pegang ga mau dan seperti mau melawan. Karena karet tertutup bulu jadi saya tidak langsung melihatnya. Saya sadar ada karet setelah kucing menjilati bagian kakinya, sampai bengkak dibagian kakinya. Lalu langsung saya pegang walau sedikit meronta saya berhasil mencopot karet dikakinya, setelah 3 hari alhamdulillah normal kembali.

Kedua jika kucing terlihat agresif tetapi lincah dan sering berlarian biasanya ada yang membuatnya takut atau ada hewan kecil yang menarik perhatiannya. Seperti tikus, kadal, bunglon, burung yang ada didekatnya. Bahkan bisa jadi ada ular disekitar kita yang membuat kucing selalu waspada di tempat-tempat tertentu. Atau kucing ketakutan karena melihat timun, kucing takut timun karena mungkin mirip dengan ular.

cara-mengatasi-kucing-agresif-dan-galak
Image lifewithcats.tv

Ketiga karena faktor kucing lain, biasanya kucing galak dengan kucing lain biasanya pejantan dengan pejantan atau betina dengan betina, kalo jantan sama betina biasanya jantan ngalah maklum cowo mah harus ngalah hahaha. Ini biasanya karena rebutan daerah kekuasaan, terlebih jika kucing tidak memiliki ikatan darah atau tidak dibesarkan bersama-sama, solusinya ya pisahkan, gantian satu di umbar satu kandangin, tapi coba dikenalkan biar akrab caranya bisa baca mengenalkan kucing baru pada kucing lama.

Ada juga kucing galak sama anaknya, ini biasanya belum siap jadi orang tua karena umurnya muda, atau kucingnya stress, kasian yah anaknya, jika demikian kita harus merawat anak kucing sendiri (baca : cara merawat anak kucing).  Atau ada juga kucing galak setelah kawin, ya wajar sih apalagi betinanya umumnya galak sebelum dan sesudah kawin, udah insting darisananya begitu, betina mah malu-malu mau, galak-galak pengen, makanya ada istilah malu-malu kucing hehehe.

Ini juga menandakan betina merasa cukup kawinnya, nanti lagi atau memang sudah tidak pengen kawin jadi galak sama kucing lain yang mendekat, cukup cukup gitu maksudnya. Kalo kitten galak saling berantem itu biasanya bercanda, dan lucu malah ya hehe

Faktor Penyakit

Faktor ini menurut saya serem yah, karena selain berpengaruh sama kucingnya berpengaruh juga sama pemiliknya. Contohnya rabies, kucing galak dan agresif dengan posisi menyerang dengan mulut berbusa. Jika sudah demikian kita karantina dalam kandang khusus lalu konsultasikan dengan dokter atau dinas peternakan. Ya tapi ga melulu karena rabies, sakit yang lain juga bisa. Jadi silahkan konsultasikan dengan dokter saja karena akan sangat bermanfaat dan tepat sasaran. Bisa baca ciri-ciri kucing sakit

Nah itulah beberapa pengalaman saya selama memelihara kucing, hal-hal diatas adalah faktor yang membuat kucing menjadi galak dan agresif. Sekian terima kasih

7 COMMENTS

  1. Aku kan punya kucing persia himalaya jantan, nah dia aku adopsi pas umur dia 6bulanan kalau gasalah. Nah sampe sekarang dia tuh takut banget sama orang” rumah termasuk saya, galak lah pokonya setiap dideketin marah, nyakar gigitlah. Yang lebih parahnya lagi kalau dia dideketin dia langsung panik dan mencret itu th dia poopnya dimana aja. Tpi dia langsung tenang gitu kalau udh poop. Gimana nih solusinya, udah 4 bulan lebih kaya gini terus

  2. Aku punya kucing persia dome(mix). Udh 3th aku rawat. Tapi 1th ini dia mendadak jadi kucing stray dan gk mau diem dirumah, pulang cuma waktu jam makan aja dan dia galak bgt. Kebetulan 2bln lagi aku mau pindah keluar kota, aku berharap bisa bawa dia, karna dia kucing pertama aku. Aku berencana utk kebiri dia dulu berharap emosinya agak reda setelah dikebiri. Tapi utk masukin dia ke kandang susahnya minta ampun. Bagaimana yaa kira2 caranya?

  3. Gan gimana ya ngadepin kucing betina ku yg super galak.. dia lg birahi cm setiap mw di kawinin dia galak bgt sm jantan nya padahal perkenalan udh 1 bulan.. klo di deketin sll ngegerem dan mendesis trus berantem deh…

  4. Iya kucingku juga sama kayak punya nya @Aulia Amanda…
    Dia gak tau kenapa jadi galak sama anaknya lalu pulang kalo pas makan doang…
    Gimana ya cara biar kucing ku bisa kayak dulu lagi…
    ~Δ~

  5. Saya adopt kucing dari dia umur 3 bulanan nah waktu kecil dia agresif bgt dan suka gigit2 dan cakar2, aku pikir karna itu masih kitten jadi sedang aktif2nya tapi ternyata sampai sekarang umur 15 bulan dia tetap bersikap sama, dia selalu posisi siap siaga jika ada orang termasuk saya pemiliknya dan dia bener2 agresif dan galak bgt. Suka menggigit saya atau orang lain dan gigitannya sakit bgt sampe bisa luka dan jika didekati dia selalu kabur dan berlari kencang seperti takut padahal saya pemiliknya saya yg merawat dia selama ini dan tiba2 ketika saya mengambilnya atau menggendong dia langsung menggigit. Dia benar2 tidak bisa melihat objek bergerak karena setiap dia melihat yg bergerak dia pasti akan menyerangnya. Itu kira2 kenapa ya?? Sakit atau apa ya??

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.