Kucing tidak mau makan – Kucing tidak mau makan atau kucing tidak nafsu makan dan makannya kurang lahap. Masalah ini sering sekali terjadi pada kucing beberapa catlovers dan pengunjung blog ini sering sekali menanyakan tentang solusi atau penyebab kucing yang tidak mau makan. Ada juga yang menanyakan cara agar kucing makan dengan lahap karena kebanyakan catlovers mengalami kucing yang kurang nafsu makannya. Untuk itu hewanpeliharaan.org akan mencoba memberikan penjelasan kucing yang tidak mau makan atau nafsu makan kucing berkurang.

Makan adalah suatu hal yang penting bagi makhluk hidup, termasuk untuk kucing. Asupan makanan yang bergizi dan teratur akan membuat kucing jadi sehat dan gemuk Baca : makanan agar kucing gemuk. Tetapi terkadang dalam memelihara kucing bisa saja terdapat masalah yang tidak kita inginkan, salah satunya yaitu kucing tidak mau makan. Akibat dari kucing yang tidak mau makan akan tentu akan merugikan si kucing dan pemilik. Asupan gizi untuk tubuh kucing tidak cukup maka kucing bisa saja mengalami lemas dan sakit. Untuk pemilik tentu akan merasa sedih dan tidak dapat menikmati keindahan si kucing seperti biasa.

Jika ini dibiarkan maka dampak panjangnya akan membuat kucing kurus dan membuat kucing tidak aktif seperti biasanya. Selain itu jika kondisi ini terus menerus terjadi maka kucing akan semakin lemas dan lebih sering terlihat tidur. Ini disebabkan karena kucing tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup, lalu tubuh kucing mengistirahatkan dengan cara tidur dan gerak yang lemas, fungsinya untuk menghemat keluarnya nutrisi. Nah untuk itu kita sebagai pemilik harus membantu kucing kita jika terlihat kurang nafsu makan agar kucingnya bisa terus sehat dan aktif.

kucing-malas-makan
Foto dari https://www.facebook.com/galuh.bramasta.1

Kucing Tidak Mau Makan

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan kucing tidak mau makan. Sebelum anda memilih solusi yang tepat sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang mengakibatkan kucing anda tidak nafsu makan. Sebagai pemilik kita harus bisa memperhatikan keadaan kucing perilakunya sehari-hari. Berikut beberapa penyebab kucing tidak mau makan :

1. Kucing merasa bosan dengan makanannya

Seperti juga manusia jika kita makan makanan yang itu-itu saja terkadang kita merasa bosan dan ingin makan makanan yang berbeda sebagai selingan, begitupun dengan kucing pemberian makanan pokok pada kucing yang itu-itu saja terkadang membuat kucing merasa bosan dan akhirnya malas makan.

Oleh karenanya sesekali kita bisa mengganti makanan kucing dengan merek yang berbeda atau dengan jenis makanan yang berbeda. Bisa juga memberikan ikan atau daging sebagai makanan alami dan perangsang pada kucing. Makanan basah untuk kucing juga baik diberikan, karena biasanya makanan basah lebih disukai kucing daripada makanan kering.

Jika ingin di mix juga boleh, kita bisa mencampurkan makanan kering dan makan basah agar kucing lebih berselera untuk memakannya.

2. Kucing mengalami masalah pada pencernaannya

Efek dari sistem pencernaan kucing yang sedang terganggu yaitu kucing malas makan, karena ini merupakan bentuk pertahanan diri dari tubuh kucing agar si kucing tidak memasukkan makanan ke dalam pencernaan yang sedang terganggu. Sembari menunggu daya tahan tubuh menyelesaikannya, tetapi dalam memulihkan diri dari masalah pencernaan tentu memerlukan waktu dan daya tahan tubuh yang kuat.

Selain itu proses tubuh untuk mengobati pencernaan terganggu memerlukan nutrisi yang lebih, jadi kita sebagai pemilik tentu harus membantu kucing agar bisa memulihkan dirinya sendiri dengan cepat. Kita bise membantu kucing dengan memberikan obat, serat tambahan, atau jika sudah terlihat parah bisa menghubungi dokter hewan Baca : manfaat akar kucing.

Tanda pencernaan yang terganggu biasanya ditandai dengan kotoran kucing yang tidak normal (mencret, sulit BAB, sembelit, dll). Selain itu juga pencernaan yang terganggu biasanya bisa membuat kucing muntah.

3. Indikasi kucing sedang sakit

Kucing yang sedang sakit biasanya ditandai dengan tidak mau makan. Ini terlihat dari perilaku kucing yang berubah dari aktif menjadi sering tidur dan malas-malasan, kucing juga terlihat lemas, dan mungkin terjadi perubahan suhu pada tumbuhnya baca : mengobati kucing demam.

Solusi untuk kucing yang sedang sakit dan tidak mau makan memang agak sedikit memaksa dan sulit. Ini perlu dilakukan agar makanan masuk ke dalam tubuh kucing dan memenuhi nutrisinya. Caranya yaitu dengan teknik tube feeding.

Tube feeding adalah salah satu teknik memasukkan makanan kedalam tubuh kucing karena tidak mau makan, dengan cara memasukkan makanan langsung ke dalam perut kucing melalui selang. Mungkin teknik ini untuk beberapa pemula akan sedikit kesulitan dan tidak tega. Jika demikian cara ini bisa dilakukan dengan membawanya kedokter hewan, sekaligus konsultasi tentang sakitnya. Baca : ciri kucing sakit.

kucing-tidak-nafsu-makan
Foto dari https://www.facebook.com/galuh.bramasta.1

4. Atur pola makan kucing

Pola makan yang tidak teratur membuat selera makan kucing jadi tidak karuan. Dan bisa membuat kenyang terus. Analoginya jika kita banyak ngemil dan tidak teratur makan maka kita akan kurang berselera makan makanan pokok seperti biasa. Selengkapnya saya sudah membahas pola makan kucing dipostingan yang ini : pola makan kucing.

Selain cara diatas kita juga bisa memberikan vitamin dan suplemen agar tubuh kucing menjadi sehat. Salah satu vitamin yang direkomendasikan untuk kucing tidak mau makan adalah vitamin B. Vitamin ini bisa membantu agar kucing kembali lahap. Segala penyakit atas izin Allah Subhanahu wataalla, maka berdoalah.

Join the Conversation

8 Comments

  1. Bagi solusi ny doank
    Kucing saya tidak mau makan seperti ny ada masalah di gigi ny dia makan gigi ny berbunyi karna dia gx mw makan BAB dia jarang malah sering pipis badan ny kurus banget kasian liat ny

    1. Coba di suapin sementara dengan dry food yang di jadiin bubur. Setelah itu cek giginya kedokter sis kasian

  2. minta solusi nya dong
    sudah seminggu ini saya mengadopsi kucing dari teman saya , kata teman saya di beri makan nasi sama ikan lahap makanya , tetapi semenjak saya adopsi saya kasih makan nasi sama ikan tidak mau , yang dimakan hanya ikan nya saja . sedih lihatnya kucing saya jadi kurus . mohon bantuannya ya

    1. kucing itu karnivora, makannya sebangsa daging, kucing ga bisa nyerna nasi dengan baik. sebaiknya ganti makanan kucingnya dengan makanan kucing yang ada di toko pakan hewan, murah kok 15 ribu/pack saya kuat 1 bulan

  3. mau nanya dong,vitamin penambah nafsu makan yg bagus apa ya? soalnya kucing saya makan nya dikit banget.tengkyu

  4. Kucing aku udah 2 hari ini ngga mau makan sama sekali, dikasih DF nggak mau dimakan, dikasih WF juga gak mau padahal dia seneng banget kalo dikasih WF, apalagi di kasih ikan2an juga nggak mau. Sedih banget liat kucing aku kaya gitu, mohon bantuannya.?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.